SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Di SDN Pesangrahan 02 Kota Batu.

Laras Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Laras. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Di SDN Pesangrahan 02 Kota Batu. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Sukamti, MP.d, (2) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, IPA, Pendekatan kontekstual

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas V SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu pada waktu pembelajaran IPA di dapatkan fakta bahwa siswa kurang tertarik pada pembelajaran, siswa terlihat pasif, tanpa adanya pengamatan, percobaan, diskusi kelompok selama pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa. Guru hanya menggunakan metode ceramah, dan penugasan sehingga guru yang berperan aktif menyampaikan materi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan melalui penerapan pendekatan kontekstual materi Sifat-sifat cahaya.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V di SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu, (2) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajarn IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V di SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu, (3) Mendiskripsikan hasil belajar siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V di SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2011 sampai 17 Maret 2011. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu, dengan prosedur (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  IPA siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu dapat dilihat pada siklus I rata-rata nilai 88,53 pada siklus II rata-rata nilai 94,15. Hal ini ditandai dengan keberanian siswa bertanya, mengemukakan pendapat dan dapat membuat kesimpulan pembelajaran. Peningkatan rata-rata aktivitas siswa dari siklus I dengan rata-rata nilai 55 meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 78. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II yaitu dari nilai pra tindakan 60, dengan ketuntasan belajar 25% meningkat pada siklus I 66,25 dengan ketuntasan 30%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,5 dengan ketuntasan belajar 85%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari- hari siswa dengan kegiatan pengamatan, percobaan, diskusi kelompok, membuat karya sederhana sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.