SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL QUANTUM WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IVA SDN BARENG I MALANG

Heny Retnowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Retnowati, Heny. 2011. Penerapan Model Quantum Writing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IVA SDN Bareng I Malang. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd, M.Pd (2) Dra. Harti Kartini, M.Pd.

 

Kata kunci: Quantum Writing, Bahasa Indonesia di SD, Menulis Narasi

 

Pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas empat aspek keterampilan berbahasa, yakni berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Menulis merupakan aspek berbahasa yang rumit dan kompleks tingkatannya karena menyangkut keterampilan yang lebih khusus dalam pemakaian ejaan, struktur, kalimat, kosakata serta penyusunan paragraf. Keterampilan menulis diajarkan sejak jenjang pendidikan sekolah dasar. Hasil observasi menunjukkan bahwa dalam menulis siswa cenderung terpaku pada buku atau contoh dari guru, sehingga siswa mengalami kesulitan untuk mengembangkan tulisan tersebut.

Permasalahan lainnya siswa diberi kebebasan untuk menulis, namun seringkali tidak ditindak lanjuti. Oleh sebab itu perlu dilaksanakan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi di SD dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang menarik, yaitu dengan model Quantum Writing.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model Quantum Writing dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas IVA SDN Bareng I; (2) peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IVA SDN Bareng I menggunakan model Quantum Writing.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model kolaboratif, yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas, peneliti sebagai pengajar dan guru kelas sebagai observer. Subjek peneltian dibatasi pada siswa kelas IVA SDN Bareng I yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pra tindakan adalah 43,10, nilai rata-rata siklus I adalah 64,24 dan nilai rata-rata siklus II adalah 78,24. Hasil keterampilan menulis narasi siswa kelas IVA SDN Bareng I mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil karangan siswa pada pra tindakan yang hanya terdiri dari 4-5 kalimat saja dengan penggunaan pilihan kata, ejaan, dan tanda baca yang kurang tepat, namun pada siklus II karangan siswa sudah mulai berkembang, terdiri lebih dari 5 kalimat, dengan pilihan kata, ejaan, dan tanda baca yang tepat.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Writing dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa serta memberikan nuansa belajar yang menyenangkan. Siswa lebih mudah dalam mengembangkan kalimat narasi dengan pilihan kata, ejaan serta tanda baca yang tepat.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan karena model Quantum Writing ini termasuk model yang tergolong baru, hendaknya guru mengenalkan dulu model ini kepada siswa, baik pengertian serta langkah-langkahnya agar pada proses pembelajaran siswa tidak mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Writing dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IVA SDN Bareng I Malang, maka disarankan agar dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, guru menerapkan model Quantum Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa.