SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositori Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Beru 01 Kabupaten Blitar

Ratna Prastiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastiwi, Ratna. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositori Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Beru 01 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing:        (I) Dr. H. Alif Mudiono, M.Pd, (II) Drs. Suhel Madyono, M.Pd

 

Kata Kunci: menulis narasi ekspositori, media audio visual 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran melalui media audio visual dalam peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositori siswa kelas IV SDN Beru 01 kabupaten Blitar dan mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis narasi ekspositori melalui media audio visual siswa kelas IV SDN Beru 01 kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan melalui jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus dengan dua kali pertemuan yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Beru 01 kabupaten Blitar semester II tahun pelajaran 2010/ 2011. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar (aktivitas guru dan siswa di dalam kegiatan pembelajaran), dokumentasi, dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositori siswa kelas IV SDN Beru 01 kabupaten Blitar. Pada hasil tes pra tindakan menunjukkan bahwa rata-rata hasil perolehan siswa adalah 61, pada siklus I rata-rata hasil perolehan siswa adalah 76, dan pada siklus II rata-rata hasil perolehan siswa adalah 84. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 35%, siklus I 76%, dan siklus II 84%. Hasil skor pencapaian hasil rata-rata kelas tersebut sudah dikatakan baik. Nilai aktivitas siswa pada waktu pembelajaran juga meningkat, nilai rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 89%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi ekspositori melalui media audio visual dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan menemukan ide terhadap karangan yang akan mereka tulis. Pembelajaran menulis narasi ekspositori dapat tercapai dengan menerapkan media audio visual dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk itu diharapkan guru selalu menggunakan media dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya media audio visual karena akan menarik minat siswa untuk belajar.