SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Sukorejo 3 Kota Blitar

Perdana Prihandar

Abstrak


ABSTRAK

 

Prihandar, Perdana. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Sukorejo 3 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sutansi, M.Pd, (2) Drs. Suhel Madyono, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: keterampilan menulis, menulis deskripsi, model talking stick.

 

Hasil observasi siswa kelas V SDN Sukorejo 3 Kota Blitar diketahui bahwa guru kelas mengajar menulis karangan deskripsi dengan cara siswa langsung diminta untuk membaca materi tentang karangan deskripsi, kemudian siswa diminta untuk membuat karangan tersebut. Guru tidak menjelaskan karakteristik dan contoh karangan deskripsi sebelumnya, kemudian karangan tersebut dikumpulkan kembali kepada guru tanpa adanya penunjukan hasil karya siswa secara klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model talking stick dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Sukorejo 3 Kota Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model talking stick pada siswa kelas V SDN Sukorejo 3 Kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen dalam pengumpulan data penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi baik untuk aktivitas siswa maupun kemampuan guru, catatan lapangan, hasil tes, dan dokumentasi.

Hasil penelitian penerapan model talking stick dalam pembelajaran diperoleh persentase siswa  yang tuntas belajar pada siklus 1 yaitu 52%. Persentase tersebut masih belum memenuhi standar yang telah ditetapkan, yaitu 70%, maka dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 persentase siswa yang tuntas belajar naik menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Sukorejo 3 Kota Blitar terbukti dapat meningkatkan keterampilan  menulis karangan deskripsi. Oleh karena itu, disarankan bagi guru agar menerapkan model talking stick dalam pembelajaran agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.