SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN AKTIVITAS MEMBACA CERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SDN PERCOBAAN 1 MALANG

Dwi Kurniasih

Abstrak


ABSTRAK

 

HUBUNGAN AKTIVITAS MEMBACA CERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SDN PERCOBAAN 1 MALANG

 

Dwi Kurniasih

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran aktivitas membaca cerita siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang; (2) mengetahui kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang; (3)  mengetahui hubungan aktivitas membaca cerita dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang.

Penelitian ini memilih siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang sebagai populasi dengan jumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa  (50%) dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik secara acak. Data aktivitas membaca cerita diambil dengan menggunakan angket, sedangkan kemampuan menulis narasi dengan memberikan test. Reliabilitas skala aktivitas membaca cerita 0,811, sedangkan skala kemampuan menulis narasi telah di justifikasi ahli. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan korelasi product moment menggunakan bantuan program SPSS 16 for Windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)sebagian siswa memiliki aktivitas membaca cerita tinggi sebanyak 52 orang (86,7%), (2)sebagian siswa memiliki kemampuan menulis narasi yang tinggi sebanyak 43 orang (71,6%), dan (3)ada hubungan positif dan signifikan aktivitas membaca cerita dengan kemampuan siswa menulis narasi, yang berarti semakin tinggi aktivitas membaca semakin tinggi kemampuan siswa dalam menulis narasi, sebaliknya semakin rendah aktivitas membaca cerita semakin rendah pula kemampuan meteka menulis narasi (rxy=0,363 dan p=0,004< 0,05).

Kesimpulanpenelitian ini yaitu didapatkan hubungan positif dan signifikan antara antara aktivitas membaca cerita dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang sebesar rxy = 0,363 dengan nilai p = 0,004 < 0,05 (Ho ditolak), yang berarti ada hubungan anatara aktivitas membaca cerita dengan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Percobaan 1 Malang.

 

Kata kunci : membaca cerita, menulis naras, SD

 

ABSTRAC

 

 Kurniasih, Dwi. 2011.  Activity relationship Read Story Ably Write Narasi On Student brazes v SDN Percobaan 1 Malang. Paper, Studi S1's program Education Learns Elementary School, Majors to Elementary School and Kindergarten education, Education Knowledge faculty, Baleful Country university. Counsellor: (I. ) Dr. Muhana Gipayana, M. Pd. (II.)Drs. Rumidjan, M. Pd.

 

Key word:  reading story, writing naras, SD.

Along with amends it science and technology that progressively quick,  particularly deep technological print shop therefore more and more information which is kept in book. Therefore reading constitute important a need. Activity reads one story on child SD can add their science about narasi's writing form. With often reads one story, therefore ability writes narasi will also getting better. To the effect this research is (1 ) know activity picture read student story braze v SDN attempts 1 Baleful; (2 ) know ability to write narasi student brazes v SDN attempts 1 Baleful; (3 ) know relationship activity reads story ably write narasi on student brazes v SDN Percobaan 1 Malang.

This research choose class student v SDN attempt 1 Baleful as population by totals 120 students. This observational sample as much 60 students (50%) of population amount. Samples taking tech which be utilized is tech at random. Activity data read story is taken by use of questionnaire, meanwhile ability writes narasi by gives test. Reliabilitas is activity scale read story 0,811, meanwhile ability scale writes narasi have at justifikasi an old hand at. Observational yielding data dianalisis with statistical descriptive and product moment's correlation utilize program help SPSS 16 for Windowses . 

menunjukan's observational result that: (1 ) a portion student have activity read stories   high as much 52 person (86,7%), (2 ) a portion student have ability write narasi that tall as much 43 person (71,6%), and (3 ) available positive relationships and signifikan is activity reads stories   ably student writes narasi, that activity excelsior matter reads   student ability excelsior in writes narasi, on the contrary getting activity low read story gets low too competence meteka writes narasi( r xy =0,363 and p=0,004< 0,05). 

kesimpulanpenelitian this which is gotten by positive relationship and signifikan among activity reads story and ability write narasi on student brazes v SDN attempt 1 Baleful as big as r xy = 0,363 by appreciative p = 0,004< 0,05 (Ho is refused), one that matter available anatara's relationship activity reads story ably write narasi on student brazes v SDN Percobaan 1 Malang.