SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Karya Wisata untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang

arisita widuri

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi permasalahan yang timbul di SDN Karangbesuki 4 Malang yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran PKn yang kurang berani berkreatif, guru cenderung menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan tidak menyukai mata pelajaran PKn. Peneliti mengupayakan suatu metode yang dapat membuat siswa menyukai mata pelajaran PKn dan juga dapat meningkatkan hasil belajar PKn yaitu dengan penerapan metode karya wisata.

Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi belajar tersebut dengan metode karya wisata.Salah satu upaya perbaikan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan akan baik apabila semua materi pelajaran dapat terserap oleh siswa dengan baik. Pembelajaran PKn di sekolah dasar merupakan pembelajaran dasar PKn sebelum ada pada jenjang selanjutnya dan ini akan berjalan sesuai tujuan apabila dilaksanakan dengan gembira dan memiliki aktifitas yang membuat anak-anak merasa terpanggil untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Aktifitas yang menyenangkan itu akan membuat siswa dapat menyerap secara optimal tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Metode karya wisata adalah suatu metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik. Metode ini lebih menekankan pada pembelajaran di luar kelas dan langsung mencari informasi yang diinginkan di tempat kunjungan. Ciri-ciri metode karya wisata antara lain adanya objek yang akan dipelajari, misal Balaikota, Objeknya berada di luar kelas dan hasil belajar PKn.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangbesuki 4, Malang tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan yang timbul pada subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument wawancara, tes,dokumentasi, catatan lapangan dan observasi.

Berdasarkan hasil analisis data dari penerapan metode karya wisata yang telah dilaksananan maka kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode karya wisata dapat meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa.