SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDN PURWANTORO 8 MALANG

YUNITA MARDIANINGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardianingrum, Yunita. 2011. Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan  hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Purwantoro 8 Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Dasar Dan Prasekolah, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( 1 ). Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd. ( 2 ). Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Matematika, SD, Metode demonstrasi, Operasi hitung bilangan bulat

 

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Purwantoro 8 Malang diketahui bahwa dalam pembelajaran Matematika materi "Operasi bilangan bulat" guru menggunakan metode ceramah dan menggunakan satu media pembelajaran berupa gambar garis bilangan dimana guru langsung memberi tahu tentang bagaimana cara menghitung menggunakan garis bilangan tersebut.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :  mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV,  mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV, mendeskripsikan peningkatan keaktivan siswa kelas IV saat berlangsungnya pembelajaran matematika menggunakan matode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Purwantoro 8.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 hari dan 2 hari. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 75% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 75. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Purwantoro 8 Kecamatan Blimbing Kota Malang yang berjumlah 36 anak. Pada penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa : lembar Observasi ( pengamatan ) untuk mengamati kegiatan siswa, catatan lapangan, LKS, studi dokumentasi dengan hasil tes dan foto-foto pada saat pembelajaran, serta lembar evaluasi.

Hasil penelitian menunjukkan : (a) Pelaksanaan pembelajaran demonstrasi pada siklus I masih banyak kekurangan, yaitu ada beberapa siswa yang belum paham cara kerja metode demonstrasi menggunakan media wayang-wayangan. (b) Metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep operasi hitung bilangan bulat dari skor rata-rata prates 58,89 menjadi 67,14 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 80,28; (c) Metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan, siswa dalam belajar. Jumlah siswa yang konsentrasi dalam belajar meningkat dari 56,11% pada siklus I menjadi 68,33% pada siklus II. Kerjasama siswa dari 56,67% pada siklus I meningkat menjadi 65,56% pada siklus II. Keberanian siswa dalam bertanya ataupun berpendapat juga mengalami peningkatan dari 58,89% pada siklus I menjadi 66,11% pada siklus II.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pertama pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat dilaksanakan dengan baik untuk mengajarkan tentang konsep operasi hitung bilangan bulat. Yang kedua penggunaaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV di SDN Purwantoro 8, dan ketiga adalah dampak penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan konsentrasi, kerjasama, keberanian bertanya dan berpendapat siswa dalam belajar.