SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KETAWANGGEDE I KOTA MALANG

MURTI YUNI WULANDARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Murti Yuni. 2011. Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Ketawanggede I Kota Malang. Skripsi, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Murtiningsih, M.Pd, (II) Drs. Imam Nawawi, M.Si. 

 

Kata Kunci : model quantum teaching, Ilmu Pengetahuan Sosial, aktivitas belajar, hasil belajar.

 

Berdasarkan fakta yang ditemukan peneliti terdapat pemasalahan yang terjadi di kelas IVA SDN Ketawanggede I Kota Malang dalam aktivitas dan hasil belajar pada siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas IV di SDN Ketawanggede I Kota Malang, menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih mengandalkan guru sepenuhnya atau masih teacher centered. Guru lebih sering menggunakan ceramah dalam kegiatan belajarnya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model quantum teaching pada mata pelajaran IPS siswa kelas IVA di SDN Ketawanggede I Kota Malang, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model quantum teaching, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS melalui model quantum teaching. 

Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus mempunyai 4 tahapan, yaitu: (1) planning (perencanaan), (2) acting and observing (tindakan dan pengamatan), (3)  reflecting (refleksi), dan (4)  revise plan (perbaikan rencana). Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I yang terdiri atas 4 (empat) tahapan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil yaitu: (1) Melalui penerapan model quantum teaching dalam pembelajaran IPS dikelas IVA siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam belajar IPS, (2) peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 45,61%, siklus II 90,26%  (3) peningkatan hasil belajar siswa diperoleh perolehan skor rata-rata postes siswa yang meningkat secara bertahap, dari rata-rata sebelum tindakan 53,08 (3,85%) menjadi 72,48 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 46,15% dan meningkat lagi menjadi 85,02 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,54% pada siklus II. Pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal diatas 75%.

Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi: (1) guru diharapkan dapat menciptakan suatu inovasi dalam pembelajaran seperti penggunaan model pembelajaran dan mengkombinasikannya dengan beberapa metode pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, (2) penelitian lanjutan semoga dapat mengembangkan penelitian tentang pembelajaran model quantum teaching serta memperbaiki keterbatasan penelitian ini seperti halnya guru agak sulit mengendalikan keramaian anak pada saat proses pembelajaran serta kesulitan mengalokasikan waktu, maka pada penelitian lanjutan untuk menerapkan model quantum teaching dengan menggunakan team teaching