SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Kelipatan suatu Bilangan Kelas IV SDN Satriyan 03 Kanigoro Blitar.

WAHYU TRI SETIANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiani, Wahyu Tri. 2011. Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Kelipatan suatu Bilangan Kelas IV SDN Satriyan 03 Kanigoro Blitar. Skripsi jurusan kependidikan sekolah dasar dan pra sekolah program studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Harmini, S.Pd, M.Pd. (2) Dra. Sutji Rahayu, M.Si

 

Kata Kunci : Kemampuan, Media, Kartu Bilangan, Kelipatan, Bilangan

 

Guru merupakan faktor utama yang memiliki peranan sebagai pengelola dan pengembang pembelajaran yang di tuntut aktif dan kreatif dalam mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi awal ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Satriyan 03 Kanigoro Blitar yang diperoleh 55% dari 20 siswa nilai hasil belajarnya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan gambaran tentang penggunaan media kartu bilangan siswa kelas IV SDN Satriyan 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan gambaran tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan kartu bilangan pada siswa kelas IV SDN Satriyan 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menentukan kelipatan suatu bilangan dengan penggunaan media kartu bilangan  pada siswa kelas IV SDN Satriyan 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui empat tahapan: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi hasil tindakan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Dalam satu kali pertemuan meliputi: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Satriyan 03 Kanigoro Blitar. Subyek penelitian ini siswa kelas IV, sebanyak 20 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar tes soal,. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif, yang meliputi mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data.

Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu bilangan ini dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Satriyan 03 Kanigoro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil formatif yang meningkat yaitu dari pra tindakan mencapai rata-rata 55%, pada siklus I ke 51.7% pada siklus II. Pada siklus II ini sudah mencapai ketuntasan belajar diatas 70%, bahkan mencapai 100%, sehingga kegiatan penelitian dihentikan. Dampak dari penggunaan media kartu bilangan ini dapat meningkatkan tingkat aktivitas proses belajar siswa, hasil belajar siswa, standar nilai ketuntasan belajar siswa, dan cara menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media benda kongkret pada saat menanamkan konsep materi KPK. Bagi siswa agar lebih meningkatkan aktivitas dalam belajar. Bagi peneliti selanjutnya dapat memberi informasi, wawasan serta dapat meningkatkan lagi hasil dari penelitian ini, dan pada penelitian tentang media kartu bilangan dapat terlaksana lebih sempurna lagi.