SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Bermain Tebak Angka Untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif Kelompok A di RA Manba’ul huda Mlaten Nguling Pasuruan.

Iin Sulinah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulinah, Iin. Penerapan Metode Bermain Tebak Angka Untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif Kelompok A di RA Manba'ul huda Mlaten Nguling Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing ; (1) Drs. Usep Kustiawan,M.Sn, (2) Drs. Sutarno, M.Pd.

 

Kata kunci: Peningkatan kemampuan kognitif, bermain tebak angka

 

Kemampuan kognitif bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir anak  melalui bermain tebak angka. Bermain tebak angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1 sampai 10. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa RA Manba'ul Huda belum mampu mencapai kriteria ketuntasan belajar siswa yang ditentukan sekolah yaitu 70 ketuntasan individu.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan metode bermain tebak angka untuk  meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A RA Manba'ul Huda Mlaten Nguling Pasuruan, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif  Kelompok A di RA. Manba'ul Huda Mlaten Nguling Pasuruan dengan diterapkan metode bermain tebak angka.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelompok A RA Manba'ul Huda Mlaten Nguling Pasuruan sebanyak 20 siswa dengan observasi sebagai tekhnik pengumpulan datanya. Hasil analisis data setelah pelaksanaan metode bermain tebak angka menunjukkan bahwa hasil pengamatan observasi siswa dalam melaksanakan kegiatan mencapai nilai 79,75 dengan kategori A, ketuntasan belajar 100%.

Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan metode bermain tebak angka kelompok A RA Manba'ul Huda dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, terbukti dari hasil yang diperoleh siswa dengan rata-rata hasil tes mulai dari pra tindakan (50,75) dengan persentase (15%0) meningkat siklus I (62,25) dengan persentase (45%)  dan meningkat lagi siklus II (79,75) dengan persentase 100% yang terus mengalami peningkatan.

Saran yang disampaikan kepada guru yaitu agar dapat menerapkan metode bermain tebak angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif dengan pengaembangan lain. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan bandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.