SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK AL HIDAYAH GEDOG I KOTA BLITAR

Septarini Dwi Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari,Septarini Dwi. 2010. Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Al Hidayah Gedog I Kota Blitar. Skripsi,Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Musa sukardi,M.Pd, (II) Drs. Sutarno, M.Pd

 

Kata Kunci: kemampuan bahasa, Media buku cerita bergambar, TK

 

Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan berbahasa anak. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media buku cerita bergambar anak sering bersenda gurau dan tidak memperhatikan bila guru menerangkan didepan kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media buku cerita bergambar yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa dan mendeskripsikan hasil penggunaan media buku cerita bergambar di TK Al Hidayah Gedog I kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif.  tindakan kelas dengan 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, juga menggunakan analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar dalam kegiatan pembelajaran terbukti dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak TK.Pada siklus I Kemampuan rata rata anak mencapai 73,95% meningkat menjadi 88,54% pada siklus II. Peningkatan ditandai dengan meningkatnya kemampuan bahasa melalui penggunaan membaca buku cerita bergambar dengan menjawab pertanyaan isi buku cerita bergambar,kelancaran dalam membaca buku cerita bergambar,kelancaran dalam menceritakan isi buku cerita bergambar.

Disarankan bahwa dalam pembelajaran untuk mengembangkan bahasa anak menggunakan media buku cerita bergambar agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan masalah yang lain yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bidang pengembangan selain bidang kemampuan bahasa , yaitu seni,kognitif dan fisik motorik .