SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pengetahuan Menopause dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Menopause pada Ibu Premenopause di Desa Tamanharjo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Tarry Pristiyanti

Abstrak


RINGKASAN

Menopause merupakan tahap akhir masa reproduksi seorang perempuan. Perempuan yang telah masuk usia menjelang menopause akan merasakan masalah-masalah yang terjadi pada tubuh mereka. Apabila hal tersebut tidak dapat ditangani dengan baik maka akan menimbulkan kecemasan, sehingga perlu adanya pengetahuan yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan menopause dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi menopause pada ibu premenopause di Desa Tamanharjo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Rancangan penelitian pada penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan teknik quota sampling pada 96 ibu-ibu premenopause di Desa Tamanharjo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji chi square dengan bantuan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan dari 42 responden yang memiliki pengetahuan baik dengan kecemasan rendah sebanyak 39 responden (92,9%), responden yang memiliki pengetahuan baik dengan kecemasan sedang sebanyak 3 responden (7,1%). Selanjutnya dari 30 responden, yang memiliki pengetahuan cukup dengan kecemasan rendah sebanyak 23 responden (76,7%),  responden yang memiliki pengetahuan cukup dengan kecemasan sedang sebanyak 7 responden (23,3%). Sedangkan dari 24 responden yang memilki pengetahuan kurang dengan kecemasan rendah sebanyak 8 responden (33,3%), responden yang memilki pengetahuan kurang dengan kecemasan sedang sebanyak 9 responden (37,5%), dan responden yang memilki pengetahuan kurang dengan kecemasan tinggi sebanyak 7 responden (29,2%).

Hasil penelitian didapatkan nilai p-value 0,000. Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan mengenai menopause dengan kecemasan dalam menghadapi menopause pada ibu premenopause di Desa Tamanharjo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Oleh karena itu saran dari penelitian ini adalah dapat melakukan kerjasama dengan bidan desa dalam hal promosi kesehatan kepada ibu premenopause di Desa Tamanharjo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang yang berguna agar pengetahuan ibu premenopause mengenai menopause dapat meningkat dan tidak merasa cemas dalam menghadapi menopause.