SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PROMOSI KESEHATAN PENCEGAHAN KANKER SERVIKS SEJAK DINI BERBASIS VIDEO PADA SISWI SMAN 7 MALANG

ADENIA SITI FATIMAH

Abstrak


RINGKASAN

Kanker serviks adalah proses keganasan pada serviks, terutama pada bagian epitel serviks sehingga menyebabkan jaringan di sekitarnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya yang menjadi penyebab kematian utama perempuan di dunia dan Indonesia. Kanker serviks bisa dicegah melalui vaksinasi dan juga menghindari faktor risiko sehingga perlu upaya penyebaran informasi ini kepada masyarakat terutama remaja dengan melalui promosi kesehatan. Promosi kesehatan merupakan suatu proses yang memungkinkan individu/kelompok untuk meningkatkan kesehatan mereka secara mandiri sehingga dicapai derajat kesehatan yang sempurna, baik dari fisik, mental maupun sosial. Promosi kesehatan tidak dapat lepas dari media sebab media membuat pesan/informasi kesehatan lebih mudah dipahami, sehingga penelitian ini mengembangkan informasi pencegahan kanker serviks melalui media video.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa promosi kesehatan pencegahan kanker serviks sejak dini berbasis video pada siswi SMAN 7 Kota Malang untuk memberikan informasi tentang pencegahan kanker serviks sejak dini kepada remaja.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif melalui prosedur pengembangan mulai dari mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi dan data, membuat desain produk awal, validasi desain oleh ahli dan revisi desain, uji coba produk tahap 1 yang  dilaksanakan pada 16 Juli 2018 di SMAN 7 Malang pada 8 siswi dan revisi awal, uji coba produk tahap 2 yang dilaksanakan 20 Juli 2018 di SMAN 7 Malang pada 30 siswi dan revisi akhir kemudian produksi produk akhir.

Hasil validasi ahli materi, media, serta bahasa menyatakan bahwa video termasuk kategori sangat valid dan dapat digunakan. Hasil analisis menyatakan bahwa uji coba tahap 1 (kelompok kecil) terdapat perbaikan pada narasi suara dan sinkronisasi gambar agar lebih jelas, mengganti warna background nya agar tidak pucat, serta mengganti musik latar belakang nya. Kemudian uji coba tahap 2 (kelompok besar) terdapat perbaikan yaitu memperbesar ukuran huruf dan juga mengganti warna background agar lebih kontras dan produk siap digunakan. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, perlu adanya penelitian lanjutan terkait dengan peningkatan pengetahuan siswa terhadap video “Yuk, Cegah Kanker Serviks Sejak Dini” dan penelitian tentang efektifitas dari  media video tersebut.