SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Rata-Rata Lama Sekolah, Persentase Penduduk Miskin Dan Sanitasi Layak Dengan Angka Morbiditas Di Kota Batu Tahun 2010-20

Achmad Ghilban Bil Haq

Abstrak


RINGKASAN

Dalam Rencana strategis kementrian kesehatan pada tahun 2015-2019 menyebutkan bahwa pembangunan  kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan  hidup sehat setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi pembangunan sumber daya manusia yang produktif  secara sosial dan ekonomis. Jumlah morbiditas Kota Batu menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sempat menunjukkan angka morbiditas yang baik pada tahun 2010-2013 karena mengalami penurunan angka morbiditas mulai dari Tahun 2014-2016 angka morbiditas selalu mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya secara terus menerus.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Teknik analisis korelasi yang digunakan adalah  korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya tidaknya hubungan antara variabel bebas yaitu rata-rata lama sekolah, persentase penduduk miskin dan sanitasi layak dengan variabel terikat yaitu angka morbiditas yang terjadi di Kota Batu tahun 2010-2016. Subjek dari penelitian ini adalah penduduk yang di survei oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 420 rumah tangga pada tahun 2010-2016.

Hasil penelitian hubungan antara rata-rata lama sekolah dengan angka morbiditas menunjukkan hasil analisis uji korelasi product moment dengan nilai r=0,085 dan nilai signifikansi sebesar 0,855. Hubungan antara persentase penduduk miskin dengan angka morbiditas menunjukkan hasil analisis uji korelasi product moment dengan nilai r=0,802 dan nilai signifikansi sebesar 0,030. Hubungan antara persentase sanitasi layak dengan angka morbiditas menunjukkan hasil analisis uji korelasi product moment dengan nilai r=-0,780 dan nilai signifikansi sebesar 0,039.

Hasil penelitian ini berkesimpulan jika tidak ada hubungan yang signifikan antara rata-rata lama sekolah dengan angka morbiditas. Adanya hubungan yang signifikan antara persentase penduduk miskin dengan angka morbiditas. Adanya hubungan yang signifikan terjadi pada sanitasi layak dengan angka morbiditas.