SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Khoirunnisa, Puspa. 2018. Pengaruh Pemberian Jus Apel Hijau (Malus sylvestris Mill) Terhadap Tekanan Darah Perokok Aktif Karyawan Hotel X Malang.Skripsi, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing:(I)dr

Puspa Khoirun Nisa.

Abstrak


Abstrak

Merokok merupakan salah faktor resiko penyakit kardiovaskuler, semakin aktif seseorang merokok maka akanmeningkatkan resiko tingginya tekanan darahApel hijau dipercaya memiliki khasiat untuk mengontrol tekanan darah karena kandungan antioksidan dan kaliumnya.Dengan mengkonsumsi apel hijau diharapkan akan mengurangi peningkatan tekanan darah akibat merokok. Hal tersebut sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tekanan darah perokok aktif karyawan hotel X Malang, mengetahui pengaruh pemberian jus apel hijau varietas manalagi terhadap tekanan darah perokok aktif karyawan hotel X Malang dan mengetahui hubungan asupan makanan terhadap tekanan darah.

Penelitian ini merupakan pre experimental with pretes–posttest design dengan jumlah subjek penelitian sejumlah 20 orang perokok aktif karyawan hotel X Malang. Dengan pemberian jus apel hijau sebanyak 120ml selama 10hari. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan spearman rho dengan aplikasi SPSS versi 23.

Hasil penelitian menunjukan pemberian jus apel hijau memiliki pengaruh terhadap tekanan darah sistolik dengan hasil sig 0.025 (sig>0,05). Hasil pada tekanan darah diastolik sig 0.139(sig>0,05) menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian jus apel hijau. Adapun hasil analisis korelasi tekanan darah sistolik terhadap karbohidrat, protein, lemak, natrium dan kalium tidak terdapat hasil yang signifikan yaitu karbohidrat 0,881 (sig>0,05), protein 0,691 (sig>0,05), lemak 0,909 (sig>0,05), natrium 0,890 (sig>0,05) kalium 0,453 (sig>0,05). Hasil uji korelasi pada tekanan darah diastolik didapatkan karbohidrat sig 0,040(sig>0,05), protein 0,040 (sig>0,05), lemak 0,059 (sig>0,05), natrium 0,442 (sig>0,05), kalium 0,154 (sig>0,05).

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian jus apel hijau varietas manalagi terhadap tekanan darah sistolik namun tidak terdapat pengaruh pada tekanan darah diastolik, serta  tidak ada hubungan antara asupan zat gizi pada tekanan darah sistolik.Terdapat hubungan antara karbohidrat, protein, lemak pada tekanan darah diastolik dan tidak terdapat hubungan antara tekanan darah diastolik dengan natrium dan kalium namun koefisien korelatif natrium negatif dan kalium positif hal ini sesuai dengan cara kerja antara natrium dan kalium yang saling berlawanan.