SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Kesehatan Gigi pada Siswa Kelas 4 dan 5 SDN 2 Clumprit Kabupaten Malang.

RETNO ISMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kesehatan gigi merupakan bagian dari kesehatan jasmani dan memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan, namun kesehatan gigi sering diabaikan oleh sebagian orang sehingga tanpa disadari akan mengalami gangguan kesehatan pada gigi. Gambaran status karies gigi pada siswa SDN 2 Clumprit  menunjukkan bahwa prevalensi karies gigi termasuk dalam kategori tinggi, diperoleh dari  indeks DMF-T anak kelas 6 sebesar 4,9 termasuk dalam kategori tinggi, siswa kelas 4 sebesar 4,8 termasuk dalam kategori tinggi, dan siswa kelas 5 termasuk dalam kategori sedang karena diperoleh dari indeks DMF-T sebesar 2,8. Gangguan kesehatan gigi disebabkan oleh rendahnya pemahaman untuk perawatan gigi dan mengabaikan hal-hal yang berpotensi membuat kerusakan pada gigi. Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan status kesehatan gigi dalam bentuk promosi kesehatan dengan penyuluhan kesehatan gigi yaitu menerapkan metode yang sesuai dengan sasaran dan menarik perhatian salah satunya dengan metode brainstorming.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku kesehatan gigi setelah dilakukan penyuluhan dengan metode brainstorming. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen atau pra-eksperimental design dengan mengunakan desain one group pretest posttest terhadap 30 siswa. Rentang waktu antara pengukuran pertama (pretest) dengan pengukuran kedua (posttest) tidak terlalu dekat dan tidak terlalu lama yakni selang 15-30 hari. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapaan metode brainstorming dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi pada siswa kelas 4 dan 5 dengan taraf signifikansi 0,00, ada pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap kesehatan gigi pada siswa kelas 4 dan 5 dengan taraf signifikansi 0,00, serta ada pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap tingkat perilaku tentang kesehatan gigi pada siswa kelas 4 dan 5 dengan taraf signifikansi 0,00. Saran bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis, dapat mengembang-kan penelitian dengan membandingkan metode kelompok kecil yang lain dan menggunakan alat bantu media.