SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN STATUS PERKAWINAN DAN PERSEPSI KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PREMI BPJS KESEHATAN DI KECAMATAN SUKUN KOTA MALANG

CITRA PERDANA YANTI

Abstrak


RINGKASAN

Yanti, Citra  Perdana. 2018. Hubungan Status Perkawinan dan Persepsi Konsumen dengan Keputusan Pembelian Premi BPJS Kesehatan di Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Pembimbing : (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II) Nurnaningsih Herya Ulfah, SKM., M.Kes

Kata Kunci : Status Perkawinan, Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian

Keputusan pembelian premi BPJS kesehatan menjadi bentuk perilaku pencarian dan penggunaan sistem kesehatan sebagai usaha pengobatan ketika sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status perkawinan dan persepsi konsumen dengan keputusan pembelian premi BPJS Kesehatan di Kecamatan Sukun Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah peserta Non PBI mandiri BPJS kesehatan. Jumlah populasi sebanyak 13.564 dan diambil sampel sebanyak 96 jiwa. Metode pengambilan sampel menggunakan metode cluster proportionate random sampling. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis univariat, bivariat, dan multivariat.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara status perkawinan dengan keputusan pembelian premi BPJS kesehatan (X2 Hitung = 1,633). Sedangkan untuk hubungan persepsi konsumen dengan keputusan pembelian BPJS kesehatan (X2 Hitung =10,129) menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan. Berdasarkan hasil analisis multivariat didapatkan bahwa hasil uji kekuatan hubungan secara bersama-sama antara variabel status perkawinan dan variabel persepsi konsumen dengan keputusan pembelian dilihat melalui uji chi square (X2), diketahui X2hitung (13,471) ≥ X2tabel (9,21) pada taraf signifikansi (α=0,001), artinya hubungan antara status perkawinan dan persepsi konsumen dengan keputusan pembelian premi BPJS kesehatan di Kecamatan Sukun Kota Malang adalah signifikan pada taraf signifikansi 99%.

Simpulan dalam penelitian adalah terdapat hubungan signifikan antara persepsi konsumen dengan keputusan pembelian premi BPJS Kesehatan dan   terdapat hubungan yang signifikan antara status perkawinan dengan keputusan pembelian premi BPJS kesehatan di Kecamatan Sukun Kota Malang.