SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI ‘AISIYAH BOARDING SCHOOL LAWANG KABUPATEN MALANG

Putri Isnia

Abstrak


ABSTRAK

 

Isnia, Putri. 2017. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi terhadap Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene saat Menstruasi pada Siswi ‘Aisiyah Boarding School Lawang Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Sri Redjeki, M.S,

(II) dr. EriantoFanani

Kata Kunci :Penyuluhan, KesehatanReproduksi, Pengetahuan, Sikapdan Personal Hygiene

Alat reproduksi yang tidak dijaga kebersihannya akan memicu datangnya bakteri, jamur dan penyakit yang dapat menyebabkan rasa gatal, bau tidak sedap dan rasa tidak nyaman. Pengetahuan sangat mempengaruhi kebiasaan manusia dalam menjaga kebersihan organ reproduksi dengan personal hygiene saat menstruasi. Survey pendahuluan tentang pengetahuan kesehatan reproduksi dan sikap personal hygiene saat menstruasi di ‘Aisiyah Boarding School Malang (ABSM), menghasilkan 8 dari 10 remaja di ABSM tidak tahu mengenai personal hygiene saat menstruasi yang benar, serta belum mengetahui cara merawat dan menjaga organ reproduksi saat menstruasi dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan dan sikap personal hygiene saat menstruasi pada siswi ‘Aisiyah Boarding School Lawang Kabupaten Malang.

Desain penelitian ini adalah rancangan pra eksperimental dengan jenis one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi ‘Aisiyah Boarding School Lawang Kabupaten Malang.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah total sampling dengan 49 responden. Sebelum dianalisis menggunakan uji paired t test, data terlebih dahulu diuji dengan uji normalitas. Hasil T-test menunjukkan terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan dan sikap personal hygiene saat menstruasi dengan nilai ρ value 0,000 dan signifikansi sebesar 0,000.

Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemahaman pengetahuan siswi ‘Aisiyah Boarding School Malang terkait personal hygiene saat menstruasi sebelum dan sesudah penyuluhan dengan rata-rata nilai sebelum penyuluhan 45,36dan sesudah penyuluhan 84,53. Dan terdapat pengaruh sikap siswi ‘Aisiyah Boarding School Malang terkait personal hygiene saat menstruasi sebelum dan sesudah penyuluhan dengan rata-rata nilai sebelum penyuluhan 61,63 dan sesudah penyuluhan 87,38.

Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bagi Aisiyah Boarding School dan masukan bagi siswa agar pendidikan kesehatan tentang reproduksi dan personal hygiene menstruasi lebih intensif dalam pencegahan masalah reproduksi.