SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Booklet ASI Eksklusif terhadap Peningkatan Pengetahuan Mengenai ASI Eksklusif Pada Ibu yang Tidak Memberikan ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea Kota Malang

Agustina Maulida

Abstrak


Berdasarkan hasil Pemantauan Status Gizi di tahun 2016 pada balita usia 0−59 bulan diketahui sebanyak 3,4% balita gizi buruk dan 14,4% balita gizi kurang (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017). Menurut  Hartono, dkk., (2017) salah satu faktor penyebab permasalahan gizi buruk dan gizi kurang pada balita dikarenakan asupan zat gizi yang berasal dari konsumsi makanan maupun pemberian ASI yang tidak memenuhi kebutuhan bayi maupun anak balita. Cakupan pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Cisadea pada tahun 2017 menunjukkan bahwa terdapat 77 orang tidak memberikan ASI eksklusif sehingga dapat disimpulkan bahwa hampir 50% bayi tidak diberikan ASI eksklusif. Perilaku ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif kepada anaknya berhubungan dengan rendahnya pengetahuan ibu terkait ASI eksklusif yang dibuktikan dari studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada bulan Oktober−November 2017 kepada 35 orang yang tidak memberikan ASI eksklusif yang diberikan  kuesioner dan hasil dari pemberian kuesioner tersebut menunjukkan bahwa 23 orang dengan pengetahuan kurang dan 12 orang dengan pengetahuan tinggi. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Hardiansyah (2017) tentang pengembangan booklet “Ayo Berikan ASI Eksklusif”, merupakan suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif pada anaknya.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan booklet ASI eksklusif terhadap peningkatan pengetahuan mengenai ASI eksklusif pada ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Cisadea Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian praeksperimen dengan dengan rancangan one group pre-test post-test. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 orang yang diambil melalui teknik simple random sampling, untuk pengambilan data dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Ranks Tes.

Dari hasil Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai Asymp Sig (2-tailed) 0,000. Hal ini menyatakan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa booklet ASI eksklusif efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai ASI eksklusif pada ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Cisadea Kota Malang.

Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyarankan bagi peneliti lain, diharapkan ada keberlanjutan yang dilakukan untuk melihat efektivitas booklet ASI eksklusif terhadap sikap dan tindakan, sehingga dapat menyempurnakan penelitian terhadap perubahan perilaku ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif.