SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Fertilitas, Mortalitas, dan Migrasi dengan Laju Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Klojen Kota Malang.

Hidayatul Ainy

Abstrak


ABSTRAK

 

Rendahnya laju pertumbuhan penduduk di Kecamatan Klojen mengakibatkan jumlah penduduk di wilayah tersebut terus berkurang. Berkurangnya jumlah penduduk akan berdampak pada ketersediaan sumber daya manusia yang ada di wilayah Kecamatan Klojen. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan judul “ Hubungan Fertilitas, Mortalitas dan Migrasi dengan Laju Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Klojen Kota Malang.”

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh fertilitas, mortalitas dan migrasi terhadap laju pertumbuhan penduduk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey bentuk explanatory. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 11 kelurahan. Pengumpulan data menggunakan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik Rank Order dari Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai ρ hitung fertilitas 0,67 > nilai ρ tabel 0,591. (2) Nilai ρ hitung mortalitas 0,44 < nilai ρ tabel 0,591. (3) Nilai ρ hitung migrasi masuk 0,12 < nilai ρ tabel 0,591. (4) Nilai ρ hitung migrasi keluar -0,08 < nilai ρ tabel 0,591.

Kesimpulan dari penelitian ini: (1) ada hubungan yang signifikan antara fertilitas dengan laju pertumbuhan penduduk. (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara mortalitas dengan laju pertumbuhan penduduk. (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara migrasi masuk dengan laju pertumbuhan penduduk. (4) tidak ada hubungan yang signifikan antara migrasi keluar dengan laju pertumbuhan penduduk.