SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Tingkat Kedewasaan Ibu dan Rata-rata Pendapatan Keluarga dengan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea Kecamatan Blimbing Kota Malang

Shyska Yuli Puspita Indahsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Indahsari,Shyska.2017.Hubungan antara Tingkat Kedewasaan Ibu dan Rata-rata Pendapatan Keluarga dengan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea Kecamatan Blimbing Kota Malang.Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes, (II) Septa Katmawanti, S.Gz., M.Kes.

 

Kata Kunci: Tingkat Kedewasaan Ibu, Rata-rata Pendapatan Keluarga, Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Diare pada Balita, Kecamatan Blimbing

 

Peningkatan penderita diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Cisadea selama tiga tahun terakhir tidak luput dari faktor pengetahuan seorang ibu dalam merawat anak, dimana kedewasaan seorang ibu dan pendapatan keluarga dapat mendorong derajat kesehatan keluarga terutama balita. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Tingkat Kedewasaan Ibu dan Rata-rata Pendapatan Keluarga dengan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea Kecamatan Blimbing Kota Malang.” Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat kedewasaan ibu dan rata-rata pendapatan keluarga dengan tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional.  Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat kedewasaan ibu (XI) dan rata-rata pendapatan keluarga (X2), dan variabel terikat (Y) adalah tingkat pengetahuan ibu. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 ibu dari anak balita yang pernah berobat di Puskesmas Cisadea dengan keluhan diare. Instrumen yang digunakan berupa tes pengetahuan, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai chi-square (X2 hitung) tingkat kedewasaan ibu 82,002 lebih besar dari nilai X2 Tabel 11,070, (2) Nilai chi-square (X2 hitung)  rata-rata pendapatan keluarga 40,992 lebih besar dari nilai X2 Tabel 7,815, (3) Nilai chi-square (X2 Hitung) tingkat kedewasaan ibu dan rata-rata pendapatan keluarga dengan tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita 122,994 lebih besar dari nilai X2 Tabel 21,026.

Kesimpulan, (1) Ada hubungan yang  signifikan antara tingkat kedewasaan ibu dengan tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita, (2) Ada hubungan yang signifikan antara rata-rata pendapatan keluarga dengan tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita, (3) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat kedewasaan ibu dan rata-rata pendapatan keluarga dengan tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita. Saran yang dapat diberikan yaitu, Dinas Kesehatan Kota Malang diharapkan dapat meningkatkan promosi kesehatan yang berkaitan dengan diare pada balita mulai dari pencegahan hingga penatalaksanaannya dengan selalu memberikan informasi kepada masyarakat agar menambah wawasan terutama untuk para ibu.