SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TENTANG PENCEGAHAN CACINGAN PADA SISWA KELAS 5 DAN 6 SDN 01 KROMENGAN KABUPATEN MALANG

Suci Nur Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Suci Nur. 2017. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Power Point Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Tentang Pencegahan Cacingan pada Siswa Kelas 5 dan 6 SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakt, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Sapto Adi, M.Kes., (II) drg. Rara Warihgayatri, M.PH.

 

Kata kunci: media power point, cacingan, pengetahuan, sikap, perilaku.

 

Hasil survey Dinas Kesehatan pada tahun 2013 prevalensi kejadian cacingan yang ditularkan melalui tanah di Sekolah Dasar (SD) mencapai 28,12%, dengan rincian 60% siswa terinfeksi cacing gelang; 16% siswa terinfeksi cacing cambuk; dan 7% siswa terinfeksi cacing tambang. Prevalensi cacingan di SDN 01 Kromengan menjadi yang tertinggi dibandingkan sekolah lain di Kabupaten Malang, yaitu mencapai 48%. Untuk menekan angka prevalensi cacingan, dilakukannya penyuluhan menggunakan media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media power point terhadap tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa kelas 5 dan 6 SDN 01 Kromengan. Penelitian ini bersifat quasi experimental dengan metode pretest-postest group design. Dengan subjek penelitian 42 siswa dengan menggunakan total sampling, yang dilakukan di SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang, dan dilakukan pada bulan April-Mei 2017. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung pada siswa. Analisis data menggunakan uji t-berpasangan dengan taraf signifikan 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya pengaruh dengan hasil uji paired sample test yaitu terdapat perbedaan antara pretest-posttest dengan t-hitung pengetahuan (-10,094), sikap (-7,658), dan perilaku (-8,762) < t-tabel (1,684). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan menggunakan media media power point terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku siswa kelas 5 dan 6 SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang.