SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN BRAND EQUITY (BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATIONS, PERCEIVED QUALITY) DENGAN KEPUTUSAN PEMANFAATAN KLINIK LAKTASI DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Fajar Ni'Syinta Armadani

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Desi. 2017. Perbedaan Pengaruh antara Flavonoid Ekstrak Rimpang Lengkuas Putih, Saponin Ekstrak Daun Babadotan, dan Abate pada Larva Nyamuk Aedes aegypti sebagai Alternatif Penurunan Angka Kejadian DBD di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono, M.Pd., (II) Nurnaningsih Herya Ulfah, S.KM, M.Kes.

 

Kata Kunci: Larvasida, Flavonoid, Saponin, Abate, Demam Berdarah Dengue

 

Jumlah kunjungan pasien di klinik laktasi Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan cenderung sedikit dan mengalami penurunan setiap tahun, yaitu pada tahun 2013 adalah 83 orang, pada tahun 2014 terdapat 76 orang, tahun 2015 ada 110 orang dan pada tahun 2016 ada 94 orang. Penurunan jumlah kunjungan pasien dapat menunjukkan bahwa pemanfaatan pelayanan kesehatan yang kurang. Dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan, konsumen dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan, salah satu yang mempengaruhi pertimbangan konsumen ialah brand equity yaitu brand awareness, brand associations, dan perceived quality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan brand equity (brand awareness, brand associations, dan perceived quality) dengan keputusan pemanfaatan klinik laktasi di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, untuk mengetahui hubungan antara brand awareness (X1), brand associations (X2), perceived quality (X3), dengan  keputusan pemanfaatan klinik laktasi di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (Y). Populasi pada penelitian ini seluruh pasien yang menggunakan klinik laktasi di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dan sampelnya adalah pasien yang berkunjung ke klinik laktasi di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan selama April-Mei 2017 yaitu sebanyak 32 pasien dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi, uji regresi linier sederhana, serta uji regresi linier berganda yang diolah menggunakan software komputer.

Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan brand awareness, brand associations, dan  perceived quality secara bersama-sama terhadap keputusan pemanfaatan klinik laktasi di Rumah Sakit Muhammadiya Lamongan. Ditemukan juga bahwa perceived quality berhubungan secara berlawanan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan brand equity dari klinik laktasi khususnya dari aspek perceived quality.