SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pengetahuan Gizi Orangtua Dan Pendapatan Orangtua Dengan Kepatuhan Orangtua Dalam Penerapan Diet Autis Pada Anak Autis Di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang

Poncowuri Handayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Handayani, Poncowuri. 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi Orangtua Dan Pendapatan Orangtua Dengan Kepatuhan Orangtua Dalam Penerapan Diet Autis Pada Anak Autis Di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mazarina Devi, M.Si, (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes

 

Kata Kunci: pengetahuan, pendapatan, kepatuhan, diet autis

 

Autisme dikenal sebagai suatu sindroma penyimpangan perilaku pada anak yang melibatkan sistem sensoris, kemampuan komunikasi, serta kemampuan sosialisasi di masyarakat. Tinggi rendahnya tingkat pengetahuan gizi seorang ibu akan mempengaruhi pola makan anak autis, yang artinya semakin tinggi pengetahuan gizi ibu dapat mempengaruhi pola makan anak autis dan sebaliknya. Besar kecilnya asupan nutrisi atau gizi tergantung pada apa yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi dan pemenuhan gizi keluarga tersebut tidak telepas dari pendapatan orangtua sebagai sumber dana yang utama. Kepatuhan orang tua dalam menerapkan diet harus konsisten agar dapat mengurangi gejala yang dialami oleh anak autis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi orangtua dan pendapatan orangtua terhadap kepatuhan orangtua dalam penerapan diet autis pada anak autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2017 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data tingkat pengetahuan orangtua diukur dari kuesioner pengetahuan, dan pendapatan diukur berdasarkan kategori pendapatan perkapita keluarga perbulan dan kepatuhan orangtua diukur dari Food Frequency Questionare (FFQ). Proses pengolahan data melalui tahapan editing, coding, entry data dan cleaning data. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi orangtua dengan kepatuhan orangtua dalam penerapan diet autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang (p=0,004) serta terdapat hubungan yang signifikan antara pendapatan orangtua dengan kepatuhan orangtua dalam penerapan diet autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang (p=0,020). Untuk mengurangi gejala autistik pada anak autis orangtua perlu menerapkan diet autis.

            Saran bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih mendetail lagi mengenai pendapatan perkapita keluarga dan dengan melihat faktor lain yang berhubungan dengan kepatuhan orangtua dalam menerapkan diet pada anak autis.