SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA DI SDN LANDUNGSARI 1 KABUPATEN MALANG

Tahani Ratna Adiba

Abstrak


ABSTRAK

 

Adiba, Tahani Ratna. 2017. Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Siswa di SDN Landungsari 1 Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Supriyadi M.Kes, (II) Septa Katmawanti S.Gz.,M.Kes.

 

Kata Kunci: Penyuluhan Gizi Seimbang, Media Permainan Ular Tangga, Pengetahuan Gizi Seimbang.

 

Salah satu penyebab masalah kesehatan pada anak sekolah dasar di Kabupaten Malang adalah minimnya variasi program kesehatan pada anak sekolah dasar. Menurut Data Register Status Gizi di SDN Landungsari 1 Kabupaten Malang diketahui peserta didik dengan status gizi underweight sebesar 94,4 persen, status gizi marginally overweight sebesar 0,3 persen, dan status gizi healthy weight sebesar sebesar 5,3 persen. Pengenalan prinsip gizi seimbang yang disampaikan dalam bentuk penyuluhan merupakan salah satu alternatif tepat guna sebagai peningkatan pemahaman siswa terhadap gizi seimbang yang akan mempengaruhi kesehatan. Penggunaan media permaianan ular tangga merupakan salah satu cara penyampaian pesan yang menarik pada anak sekolah dasar. Sehingga kemungkinan penyuluhan gizi seimbang dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat tersampaikan akan lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan menggunakan media permainan ular tangga terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian One Group Pretest Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Landungsari 1 Kabupaten Malang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 35 anak yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen pengukuran pengetahuan berupa tes pengetahuan (pre-test dan post-test). Analisis yang dilakukan adalah uji paired sample T-Test dengan taraf signifikansi sebesar 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pengetahuan siswa antara sebelum dengan sesudah penyuluhan menggunakan media permainan ular tangga gizi seimbang. Hal ini berdasarkan hasil nilai sig.p sebesar 0,00 dan thitung sebesar 15,245. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penyuluhan gizi seimbang dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat memberikan pengaruh terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa.