SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU LANSIA DALAM PENURUNAN PREVALENSI HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENDALSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Indana Tri Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Indana Tri. 2017. Implementasi Pelayanan Kesehatan di PosyanduLansia dalam Penurunan Prevalensi Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi,Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes, (II) Nurnaningsih Herya Ulfah, S.KM., M.Kes.

 

Kata Kunci: implementasi, pelayanan kesehatan, posyandu lansia

 

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan lansia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masya-rakat, dan organisasi. Salah satu manfaat mengikuti posyandu lansia dapat digam-barkan dengan adanya tingkat kekambuhan hipertensi dari anggota yang tidak aktif lebih sering dari anggota yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi terhadap masukan, proses, dan keluaran pelayanan kesehatan di posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi (evaluation study). Subjek dalam penelitian ini adalah lima belas posyandu lansia. Pemilihan subjek penelitian adalah dengan menggunakan teknik periodic accidental sampling. Informan dalam penelitian ini adalah penanggung jawab Program Posyandu Lansia, sedangkan responden dalam penelitian ini adalah kader aktif dan lansia yang yang ditemui di posyandu lansia pada saat penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan (observasi), wawancara, dan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini disesuaikan dengan metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu kuesioner, checklist, dan laporan bulanan Puskesmas Kendalsari.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh tiga kesimpulan. Pertama, mengenai masukan pelaksanaan posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Kendalsari tergolong cukup. Kedua, mengenai proses pelaksanaan posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Kendalsari tergolong cukup. Ketiga, keluaran pelaksanaan posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Kendalsari tergolong cukup. Rekomendasi yang dapat dilaksanakan adalah pelatihan kepada kader mengenai cara pencatatan Indeks Massa Tubuh (IMT) di Kartu Menuju Sehat (KMS) dan melakukan kerja sama dengan laboratorium swasta.