SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Bayi Terkait MPASI Lokal di Posyandu Nusa Indah Kelurahan Kotalama Kota Malang

Astri Hasna Kamilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kasus malnutrisi pada anak seperti stunting, wasting, dan overweight meggambarkan besarnya pola anak yang kekurangan dan kelebihan gizi. Indonesia pada saat ini  sedang mengalami masalah gizi ganda yaitu gizi kurang dan gizi lebih. Prevalensi gizi kurang di Indonesia paling banyak terjadi pada anak di bawah umur 5 tahun dan hal ini menyebabkan ketidaksesuaian terhadap usaha untuk mengurangi separuh dari prevalensi anak kurang gizi. Salah satu penyebab gizi kurang yaitu pemberian makanan yang tidak tepat. Salah satu permasalahan yang terjadi dalam pemberian MPASI yaitu rendahnya tingkat pengetahuan ibu terhadap makanan yang bergizi. Kurangnya pengetahuan tentang gizi dan kesehatan pada orang tua, khususnya ibu merupakan salah satu penyebab terjadinya kekurangan gizi pada bayi dan balita.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan gizi terhadap tingkat pengetahuan Ibu bayi terkait MPASI lokal di Posyandu Nusa Indah Kelurahan Kotalama, Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner. Besar sampel dari penelitian ini yaitu 25 responden Ibu bayi di Posyandu Nusa Indah yang telah memenuhi kriteria inklusi, diperoleh dengan cara purposive sampling.

Hasil dari penelitian ini dibuktikan dengan uji paired samples t-test yaitu diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (p = 0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penyuluhan gizi terhadap tingkat pengetahuan ibu bayi terkait MPASI lokal di Posyandu Nusa Indah Kelurahan Kotalama Kota Malang.