SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN DENGANASPEK KESEHATAN LINGKUNGANDALAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHATTATANAN RUMAH TANGGA DI RW 8 KELURAHAN BARENG KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG

Lailatun Nikmatasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nikmatasari, Lailatun. 2017. Hubungan antara Tingkat Pendidikandan Pendapatan denganAspek Kesehatan Lingkungan dalamPerilakuHidupBersihdanSehat Tatanan Rumah Tangga di RW 8 KelurahanBarengKecamatanKlojen Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Septa Katmawanti, S.Gz., M.Kes.

 

Kata Kunci: tingkatpendidikan, pendapatan, aspekkesehatanlingkungan, PHBStatananrumahtangga, KelurahanBareng

"> Kepadatan penduduk di perkotaan semakin bertambah seiring dengan meningkatnya urbanisasi. Keadaan tersebut berimbas pada maraknya kawasan kumuh yang tidak memenuhi kaidah sanitasi lingkungan. Salah satu pedoman untuk hidup sehat adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana salah satu aspek yang dibahas mengenai kesehatan lingkungan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya PHBS, yaitu tingkat pendidikan dan pendapatan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara tingkat pendidikan dengan aspek kesehatan lingkungan dalam PHBS tatanan tumah tangga, dan (2) hubungan antara pendapatan dengan aspek kesehatan lingkungan dalam PHBS tatanan tumah tangga. Ditinjau dari tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan berupa penelitian analitik. Rancangan penelitian yang digunakan termasuk dalam rancangan penelitian survei bentuk explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga yang terdapat di RW 8 Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang tahun 2017. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen non-tes berbentuk kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Coefficient of Correlation  dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil rekapan kuesioner menyatakan bahwa (1) mayoritas responden merupakan lulusan SMA/sederajat yaitu sebanyak 45 orang (48,9 %), (2) pendapatan rata-rata responden sebesar Rp 1.639.022, (3) responden yang telah memenuhi seluruh aspek (5 aspek) kesehatan lingkungan dalam PHBS tatanan rumah tangga sebesar 33 responden (35,9 %), Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan aspek kesehatan lingkungan dalam PHBS tatanan rumah tangga di RW 8 Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang yaitu sebesar 0,53 atau termasuk dalam kategori hubungan yang kuat (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pendapatan dengan aspek kesehatan lingkungan dalam PHBS tatanan rumah tangga di RW 8 Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang yaitu sebesar 0,405 atau termasuk dalam kategori hubungan yang sedang. Saran yang direkomendasikan yaitu (1) perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, (2) melakukan pengembangan pusat perekonomian di masyarakat, (3) pentingnya menggalakkan pemberdayaan masayrakat di bidang kesehatan.