SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Keluarga Berencana (KB), Rata-rata Pendapatan Per Bulan dan Riwayat Kehamilan dengan Pemilihan Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Suci Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Suci. 2017. Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Keluarga Berencana (KB), Rata-rata Pendapatan Per Bulan dan Riwayat Kehamilan dengan Pemilihan Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes, (II) Septa Katmawanti, S.Gz., M.Kes.

 

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan tentang Keluarga Berencana (KB), Rata-rata Pendapatan Per Bulan, Riwayat Kehamilan, Pemilihan Kontrasepsi, Kelurahan Kotalama

 

Rendahnya minat pasangan usia subur di Kelurahan Kotalama dalam menggunakan kontrasepsi jenis MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang), yang lebih efektif mencegah kehamilan tidak diinginkan dan beresiko terhadap kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Keluarga Berencana (KB), Rata-rata Pendapatan Per Bulan dan Riwayat Kehamilan dengan Pemilihan Kontrasepsi Pasangan Usia Subur di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang keluarga berencana (KB), rata-rata pendapatan per bulan dan riwayat kehamilan dengan pemilihan kontrasepsi pasangan usia subur.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasangan usia subur di Kelurahan Kotalama sebanyak 3.604 pasangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Bedasarkan teknik penentuan besar sampel cohen maka besar sampel sebanyak 121 pasangan. Instrumen yang digunakan berupa tes pengetahuan, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner terbuka. Analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai chi square (X2 hitung) tingkat pengetahuan tentang keluarga berencana 61.75 lebih besar dari nilai X2 tabel 18.31, (2) Nilai chi square (X2 hitung)  rata-rata pendapatan per bulan 28.16 lebih besar dari nilai X2 tabel 5.99, (3) Nilai chi square (X2 hitung) riwayat kehamilan 8.05 lebih kecil dari nilai X2 tabel 12.59, (4) Nilai chi square (X2 hitung) tingkat pengetahuan tentang keluarga berencana, rata-rata pendapatan per bulan, riwayat kehamilan 97.96 lebih besar dari nilai X2 tabel 36.41.

Diperoleh kesimpulan, (1) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang Keluarga Berencana (KB) dengan pemilihan kontrasepsi pasangan usia subur, (2) Ada hubungan yang signifikan antara rata-rata pendapatan per bulan dengan pemilihan kontrasepsi pasangan usia subur, (3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara riwayat kehamilan dengan pemilihan kontrasepsi pasangan usia subur, (4) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat tingkat pengetahuan tentang Keluarga Berencana (KB), rata-rata pendapatan per bulan dan riwayat kehamilan dengan pemilihan kontrasepsi pasangan usia subur.