SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Safety Talk Terhadap Pengetahuan dan Sikap Penggunaan Kerucut Lalu Lintas pada Pekerja Bidang Pelayanan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang

Bima Pramana Jati

Abstrak


ABSTRAK

 

Jati, Bima Pramana. 2017. Pengaruh Safety Talk Terhadap Pengetahuan dan Sikap Penggunaan Kerucut Lalu Lintas pada Pekerja Bidang Pelayanan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Mardji, M.Kes, (II) dr. Erianto Fanani.

 

Kata Kunci: Safety Talk, Pengetahuan, Sikap, Kerucut Lalu Lintas

Berita dari surat kabar Surya Malang, pada tanggal 17 Agustus 2016 dini hari disebutkan bahwa telah terjadi kecelakaan kerja yakni tabrak lari yang menimpa salah satu petugas kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang saat sedang menyapu jalan di wilayah kota Malang yang mengakibatkan korban meninggal dunia. ILO (2014) melaporkan bahwa setiap tahun kasus kecelakaan dan penyakit akibat kerja di dunia menyebabkan 2,3 juta kematian. Hasil pengamatan secara langsung yang peneliti lakukan di ruas jalan sekitar Kota Malang terhadap pekerja kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, didapatkan hasil bahwa pekerjaan menyapu jalan raya merupakan pekerjaan dengan kategori risiko tinggi atau high risk, serta pada saat yang sama hampir seluruh pekerja tidak menggunakan alat pelindung diri saat proses kerja berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh safety talk terhadap pengetahuan dan sikap penggunaan kerucut lalu lintas pada pekerja Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre test and post test design. Populasi penelitian adalah seluruh pekerja Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang sejumlah 505 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 223 orang, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mengukur pengetahuan dan sikap pekerja sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa safety talk. Analisis data dilakukan dengan uji statistik nonparametrik-wilcoxon test dengan menggunakan program komputer untuk menentukan signifikansi perbedaan skor pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan intervensi safety talk.

Hasil analisis perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh p-value 0,000 < 0,05 yang bermakna signifikan, ini berarti ada perbedaan skor sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa safety talk.

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh safety talk terhadap pengetahuan dan sikap penggunaan kerucut lalu lintas pada pekerja Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang.