SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kondisi Sosial Masyarakat dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur (PUS) (Studi Kasus Masyarakat RW 06 Kelurahan Dinoyo Kota Malang)

Mega Revangga Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci:   Kondisi Sosial Masyarakat, Alat Kontrasepsi, Pasangan Usia Subur (PUS)

Program Keluarga Berencana (KB) sudah cukup diterima oleh masyarakat, meskipun masih banyak perempuan yang mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan jenis kontrasepsi. Pemilihan alat kontrasepsi dipengaruhi oleh kondisi sosial masyarakat yang terdiri dari umur, pengalaman, pendidikan, jumlah anak yang masih hidup, dan pengetahuan masyarakat. Pemakaian alat kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Kelurahan Dinoyo meliputi, Intra Uterine Device (IUD), pil, suntik, kondom, implan, Metode Operasi Wanita (MOW), Metode Operasi Pria (MOP). Salah satu RW di Kelurahan Dinoyo yaitu RW 06 merupakan peserta KB aktif terbanyak daripada RW lainnya, yaitu sebanyak 64 peserta KB aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemilihan alat kontrasepsi di RW 06 Kelurahan Dinoyo.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Ex-postfacto dengan rancangan explanatory research. Subjek penelitian ini adalah PUS khususnya wanita di RW 06 Kelurahan Dinoyo dengan jumlah sampel 54 responden dimana variabel bebasnya terdiri dari umur, tingkat pendidikan, jumlah anak hidup, pengetahuan tentang kontrasepsi, dan pengalaman menggunakan kontrasepsi. Sedangkan variabel terikatnya adalah alat kontrasepsi meliputi, IUD, suntik, sterillisasi, pil, kondom, dan implan. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner yang telah divalidasi oleh  tiga validator. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis skor rata-rata dan analisis uji chi square dengan signifikansi 0,05.

 

Hasil penelitian yang dilakukan di RW 06 Kelurahan Dinoyo didapatkan sebagai berikut, 1) tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kontrasepsi yang digunakan bila dilihat dari variasi umur, 2) ada hubungan yang signifikan antara pengguna kontrasepsi dengan riwayat pendidikan. 3) ada hubungan yang signifikan antara jenis kontrasepsi yang digunakan dengan jumlah anak hidup, dan 4) tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kontrasepsi yang digunakan dengan tingkat pengetahuan, dan 5) ada hubungan yang signifikan antara jenis kontrasepsi yang digunakan dengan pengalaman.