SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PERILAKU MEROKOK PADA ORANG TUA DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN ATAS (ISPA) PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 7-12 TAHUN DI PUSKESMAS PORONG

Aisyah Rachmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Merokok adalah perilaku tidak sehat yang telah dianggap biasa oleh masyarakat. Pada tahun 2013 tercatat bahwa jumlah perokok mencapai 36,3% sedangkan, merokok menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, salah satunya adalah masalah pernapasan. Pada tahun 2013, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan ISPA tertinggi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari hubungan antara perilaku merokok pada orang tua dengan kejadian ISPA pada anak sekolah dasar di Puskesmas Porong dengan hipotesis kerja adalah ada hubungan yang signifikan antar variabel.

Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 115 orang. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank Test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan, pengambilan data, entry data, analisis data, dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian berdasarkan nilai skor butir pertanyaan didapatkan ada hubungan yang signifikan dalam hasil uji hipotesis dengan nilai P (0,00) < α (0,05) dengan koefisien korelasi (r) yang didapatkan adalah 0,588.

Sebagai saran dalam penelitian ini adalah perlunya kajian lebih dalam dalam mempertimbangkan faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kejadian sakit pada anak, perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk anak yang berusia 12 tahun, untuk orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar agar tidak merokok di dalam rumah, menjaga jarak dari keluarga untuk merokok, tidak merokok di depan anak, dan dapat menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin.