SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Nyeri Haid (Dismenore) Terhadap Aktivitas Belajar pada Siswi Kelas XI SMA Negeri 52 Jakarta

Salsabilla Alifah Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Salah satu tanda pubertas yang dialami oleh remaja putri yaitu mengalami menstruasi. Menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim berupa darah yang keluar melalui vagina. Salah satu gangguan saat menstruasi adalah nyeri haid (dismenore). Nyeri haid (dismenore) merupakan gangguan fisik yang terjadi saat menstruasi berupa nyeri/kram disekitar perut bagian bawah, dapat menjalar ke bagian tubuh lain serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu aktivitas yang dapat terganggu akibat nyeri haid (dismenore) adalah aktivitas belajar. Survey pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa siswi yang mengalami nyeri haid (dismenore) merasa tidak nyaman dan tidak bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan antara nyeri haid (dismenore) terhadap aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswi kelas XI SMA Negeri 52 Jakarta.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswi kelas XI SMA Negeri 52 Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang, penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dan besar sampel yang diambil dihitung dengan rumus slovin. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel sebab (nyeri haid/dismenore) dan variabel akibat (aktivitas belajar). Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yang telah divalidasi ahli, uji validasi dan reliabilitasi dengan software komputer serta uji coba ke sasaran yang serupa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi rank spearman dengan taraf signifikansi 0,05.

 

Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara nyeri haid (dismenore) dengan aktivitas belajar pada siswi kelas XI SMA Negeri 52 Jakarta. Adapun saran bagi siswi kelas XI SMA Negeri 52 Jakarta diharapkan agar dapat meningkatkan wawasan khususnya mengenai gangguan saat menstruasi agar nantinya dapat siap menghadapi gangguan yang terjadi salah satunya yaitu nyeri haid (dismenore)