SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Latihan Punggung (Back Exercise) Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Pekerja Di Istana Bordir (CV. Sumber Makmur) Pakis Malang Jawa Timur

Bimo Eka Kristanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristanto, Bimo Eka. 2017. Pengaruh Penerapan Latihan Punggung (Back Exercise) Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Pekerja Di Istana Bordir (Cv. Sumber Makmur) Pakis Malang Jawa Timur.Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Solichin, S.T., M.Kes, (II) dr. Erianto Fanani, S.Ked.

 

Kata Kunci: Latihan Punggung, Nyeri Punggung Bawah

 

Nyeri punggung bawah  merupakan keluhan yang paling umum dijumpai di kalangan pekerja. Berdasarkan survey pendahuluan pada pekerja di Istana Bordir Malang, didapatkan keluhan yang dirasakan antara lain sakit pada punggung (73,33%), sakit pada pinggang 66,67%, dan sakit pada bokong (58,33%). Keluhan-keluhan tersebut disebabkan karena para pekerja masih kurang dalam menerapkan posisi kerja yang ergonomis. Hal itu dapat meningkatkan resiko terhadap keluhan nyeri punggung bawah bagi para pekerja di Istana Bordir (CV. Sumber Makmur). Latihan punggung merupakan salah satu bentuk intervensi fisioterapi dalam upaya penangan nyeri punggung bawah. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh latihan punggung terhadap keluhan nyeri punggung bawah pada Pekerja Di Istana Bordir (CV. Sumber Makmur) Pakis Malang Jawa Timur.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang, yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran tingkat nyeri menggunakan visual analog scale (VAS) dan penggunaan kuesioner Nordic Body Map  untuk mengetahui keluhan otot-otot skeletal sebelum dan sesudah latihan punggung. Analisis data dilakukan dengan uji statistic non parametrik-wilcoxon test dengan menggunakan program komputer.

Hasil analisis perbedaan keluhan muskuloskletal dan tingkat nyeri sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh diperoleh P value 0,000 < 0,05 yang bermakna sangat signifikan, ini berarti ada perbedaan nilai sebelum dan sesudah latihan punggung.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh latihan punggung terhadap keluhan muskuloskletal pada pekerja di Istana Bordir Pakis Malang Jawa Timur.