SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Kebersihan Organ Reproduksi Terkait dengan Keputihan di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang

Revyana Nawang Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Revyana Nawang. 2017. Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Kebersihan Organ Reproduksi Terkait dengan Keputihan di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. dr. Moch. Yunus, M.Kes., (II) dr. Erianto Fanani

 

Kata Kunci: Penyuluhan, Pengetahuan, Sikap, Kebersihan Organ Reproduksi, Keputihan

 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan menjaga kebersihan organ reproduksi. Salah satu akibat dari tidak menjaga kebersihan organ reproduksi adalah keputihan. Keputihan merupakan keluarnya cairan selain darah dari liang vagina diluar kebiasaan, baik berbau atau tidak, disertai rasa gatal setempat. Di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda belum pernah diadakan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi. Surveypendahuluan yang dilakukanpenelitimenunjukkanbahwa8 dari 10 remaja di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda, tidak mengetahui mengenai keputihan dan cara menanganinya.Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang kebersihan organ reproduksi terkait dengan keputihan di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu pengetahuan dan sikap remaja tentang kebersihan organ reproduksi terkait dengan keputihan di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penyuluhan penyuluhan tentang kebersihan organ reproduksi terkait dengan keputihan.

Metode penelitian ini menggunakan time series design dengan purposive sampling sebanyak 46 remaja putri yang tinggal di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda pada Maret-April 2017. Setelah data pretest variabel pengetahuan dan sikap diperoleh, dilakukan penyuluhan tentang kebersihan organ reproduksi terkait dengan keputihan. Penyuluhan dilakukan dengan media presentasi dan handout serta metode ceramah dan tanya jawab. Kemudian dilakukanposttest 1, posttest 2, dan posttest 3.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Test dan Paired Sample Test menunjukkan hasil: (1) nilai Z -5560 dan Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 pada variabel pengetahuan, (2) Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 pada variabel sikap yang berarti lebih kecil dari α = 0,05.

Kesimpulan dari pengujian hipotesis tersebut adalah bahwa penyuluhan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang kebersihan organ reproduksi terkait dengan keputihan di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang.