SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, STATUS PEKERJAAN DAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN USIA PERKAWINAN PERTAMA WANITA DI KELURAHAN KOTALAMA KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

lia kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Lia. 2017. Hubungan antara Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaandan Tingkat Pendapatan dengan Usia Perkawinan Pertama Wanita di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Septa Katmawanti, S.Gz.,M.Kes.

 

Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan, Tingkat Pendapatan, Usia Perkawinan Pertama, Kelurahan Kotalama

Tingginya usia perkawinan pertama wanita di Kelurahan Kotalama, terutama pada kelompok usia 30 tahun yang berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan bayi meliputi, resiko kehamilan, proses persalinan, keadaan bayinya dan kematian perinatal. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan dan Tingkat Pendapatan dengan Usia Perkawinan Pertama Wanita di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.”Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pendidikan, status pekerjaan, dan tingkat pendapatan dengan usia perkawinan pertama wanita.

Penelitian ini termasuk penelitian survey bentuk explanatory, dengan rancangan Cross-Sectional Study. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 125 orang. Analisis data menggunakan uji Chi-square penggabungan sel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai Chi-Square (X2 Hitung) tingkat pendidikan 27.22 > nilai X2 Tabel 9.488, (2) Nilai Chi-Square (X2 Hitung)  tingkat pendapatan 10.47 > nilai X2 Tabel 9.488, (3) Nilai Chi-Square (X2 Hitung) status pekerjaan 2.16 < nilai X2 Tabel 5.991.

 

Diperoleh kesimpulan, (1) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan dengan usia perkawinan pertama wanita, (2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara status pekerjaan dengan usia perkawinan pertama wanita. Saran yang dapat diberikan yaitu, Dinas terkait dapat melakukan komunikasi, informasi dan edukasi tentang pendewasaan usia perkawinan pertama dan dampak menikah usia muda maupun terlalu tua kepada masyarakat melalui media televisi lokal di Kota Malang, terutama kepada generasi muda melalui program wajib belajar.