SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN TENTANG CACINGAN YANG DITULARKAN MELALUI TANAH PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KROMENGAN KABUPATEN MALANG

Andi Ahmad

Abstrak


ABSTRAK

 

Ahmad, Andi. 2017. Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Cacingan yang Ditularkan Melalui Tanah pada Siswa Kelas IV SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II) drg. Rara Warih Gayatri, M.PH.

 

Kata kunci: buku saku, media promosi kesehatan, cacingan, tanah.

Prevalensi cacingan yang ditularkan melalui tanah di SDN 01 Kromengan mencapai angka 48% dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan sekolah lain di Kabupaten Malang. Prevalensi pada kelas IV mencapai 61,25% dan menjadi yang tertinggi dari kelas lainnya. Berdasarkan penelitian oleh Andini (2015:11), disarankan untuk memberikan media promosi kesehatan berupa poster. Karena poster hanya memiliki cakupan materi sedikit dan tidak dapat dibawa kemana-mana, sedangkan sarana dan prasarana belum memadai untuk media lain maka perlu dikembangkan media yang sesuai kondisi tersebut yaitu buku saku.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media promosi kesehatan tentang cacingan yang ditularkan melalui tanah pada siswa kelas IV SDN 01 Kromengan. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model prosedural dengan mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis kuantitatif yaitu analisis deskriptif dan teknik analisis kualitatif.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah buku saku tentang cacingan yang ditularkan melalui tanah, dengan judul “Aku Anak Sehat Bebas cacingan”. Buku saku berisi tentang pengertian cacingan, cacingan yang ditularkan melalui tanah, macam-macamnya, bahayanya, cara penularannya, cara pencegahan dan pengobatannya. Buku saku dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar mandiri siswa untuk meningkatkan pengetahuan tentang cacingan yang ditularkan melalui tanah.

Penilaian oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan angka 75% -100% yang dikategorikan layak dan sangat layak pada setiap aspek penilaiannya. Berdasarkan penilaian 6 siswa pada uji coba 1, ukuran buku saku memperoleh angka 92%, sedangkan dari aspek desain dan materi masing-masing adalah 97% dan 98% yang ketiganya tergolong sangat layak. Hasil penilaian uji coba 2 oleh 18 siswa juga menunjukkan hal yang sama dengan persentase aspek ukuran mencapai 95%, aspek desain 97%, dan aspek materi 98% sehingga tergolong sangat layak. Berdasarkan saran dari ahli materi, ahli media dan siswa, pada setiap tahapan dilakukan perbaikan agar buku saku menjadi lebih baik dan sesuai kebutuhan sasaran.

 

Hasil produk akhir buku saku “Aku Anak Sehat Bebas Cacingan” masih belum diketahui seberapa besar pengaruhnya terhadap peningkatan pengetahuan siswa, maka dari itu perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait hal tersebut. Penyebarluasan pada sasaran yang lebih luas juga diperlukan agar permasalahan terkait cacingan yang ditularkan melalui tanah tidak semakin bertambah.