SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Promosi kesehatan Melalui Media Lagu Terhadap Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Seimbang di Paguyuban Wali Murid Kelompok Bermain Al-Ikhlas Pandanwangi - Kota Malang

Rahma Ismayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Ismayanti, Rahma. 2017. Efektivitas Promosi Kesehatan Melalui Media Lagu Terhadap Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Seimbang di Paguyuban Wali Murid Kelompok Bermain Al-Ikhlas Pandanwangi- Kota Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mazarina Devi, M.Si, (II) Septa Katmawanti, S.Gz, M.Kes

 

Kata Kunci: Media Lagu, Pengetahuan, GiziSeimbang

Masalah gizi masih merupakan masalah kesehatan masyarakat utama di Indonesia. Kekurangan gizi belum dapat diselesaikan, prevalensi masalah gizi buruk terus meningkat. Data Profil Kesehatan Kota Malang tahun 2014 menunjukkan bahwa selama tahun 2014 kasus gizi buruk atau Kekurangan Energi Protein (KEP) di Kota Malang berjumlah 119 kasus. Kasus terbesar berada pada wilayah kerja Puskesmas Pandanwangi, yakni sebesar 31 kasus. Upaya untuk mengoptimalkan penyampaian Pesan Umum Gizi Seimbang (PUGS) perlu dilakukan kepada masyarakat, melalui pendidikan dan promosi kesehatan, serta komunikasi infomasi dan edukasi (KIE) yang tepat dan berbasis masyarakat, untuk mewujudkan tujuan tersebut, peneliti menggunakan media berupa lagu yang memperkenalkan PUGS melalui lirik lagu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh promosi kesehatan menggunakan media lagu terhadap pengetahuan ibu, serta mengetahui adanya keefektifan media lagu dalam promosi kesehatan.

Penelitian dilakukan terhadap 15 ibu balita di paguyuban wali murid TK Al-Ikhlas Pandanwangi - Kota Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan Pre  Experimental dengan metode penelitian yang digunakanadalahOneGroup Pre-Test Post-Test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan uji T-Test Related Sample dengan taraf signifikansi 0,05.

Adanya perbedaan pengaruh ditunjukkan dengan hasil uji T-Test Related Sample yang menyatakan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05. Adanya bobot keefektifan dihitung dari persentase selisih peningkatan nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, nilai rata-rata pre-test 59,47, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 83,6, sehingga peningkatan nilai rata-rata yang didapatkan adalah sebesar 24,13, dan didapatkan bobot keefekifan sebesar 40,56 %.

 

Media lagumemberikan kontribusi yang positif dalam promosi kesehatan terkait gizi seimbang. Media lagu dalam promosi gizi seimbang secara efektif dapat meningkatkan pengetahuan ibu terkait gizi seimbang. Maka dari itu, saran penelitian ini adalah promotor kesehatan dapat menggunakan media lagu sebagai salah satu alternatif media promosi gizi seimbang agar peserta penyuluhan lebih termotivasi untuk menghafalkan dan memahami pesan gizi seimbang melalui media lagu, karena media inidapatmempermudahpeserta dalam menghafalkan dan memahami makna pesan gizi seimbang melalui lirik lagunya.