SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH REDESAIN KURSI GAZEBO FIK YANG ERGONOMIS TERHADAP MUSCULOSKELETAL DISORDERS

Silvia Trias Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Silvia, Trias. 2017. Pengaruh Redesain Kursi Gazebo FIK yang Ergonomis terhadap Musculoskeletal Disorders Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Solichin, S.T., M.Kes, (II) dr. Erianto Fanani.

 

Kata Kunci: Redesain, Kursi, Ergonomis, Musculoskeletal Disorders

 

Berdasarkan survei pendahuluan pada mahasiswa FIK UM yang sedang duduk di gazebo FIK, didapatkan sebanyak 72,7% mahasiswa mengeluh tidak nyaman saat duduk di gazebo FIK. Keluhan tersebut dikarenakan duduk dengan posisi pantat berada diujung kursi gazebo FIK (63,6%), kursi gazebo FIK kurang tinggi (45,5%), kursi gazebo FIK memiliki jarak yang terlalu jauh dengan meja (78,7%). Keluhan yang dirasakan antara lain sakit pada punggung (39,4%), sakit pada bagian pinggang (36,4%), sakit pada bagian bokong (30,3%), dan sakit pada bagian pantat (33,3%). Keluhan-keluhan tersebut disebabkan karena desain kursi yang tidak sesuai dengan antropometri pengguna. Sehingga peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh redesain kursi gazebo FIK yang ergonomis terhadap keluhan musculoskeletal disorders pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 49 orang, yang dipilih dengan menggunakan teknik  purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran antropometri mahasiswa, pengukuran kursi gazebo FIK sebelum redesain, pemberian kursi ergonomis sesuai antropometri mahasiswa, dan penggunaan kuesioner untuk mengetahui tingkat kenyamanan serta kuesioner nordic body map untuk mengetahui keluhan otot-otot skeletal sebelum dan sesudah redesain. Analisis data dilakukan dengan uji statistik nonparametrik-wilcoxon tes dengan menggunakan program komputer.

Hasil analisis perbedaan keluhan muskuloskeletal sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh P value  0,000 < 0,05 yang bermakna sangat signifikan, ini berarti ada perbedaan nilai sebelum dan sesudah redesain kursi gazebo.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh redesain kursi gazebo FIK terhadap keluhan muskuloskeletal pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.