SKRIPSI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penyuluhan Terhadap Peningatan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)Pada Pekerja Di CV. Rangros Plastik Kota Malang

Riski Dani Simanjuntak

Abstrak


ABSTRAK

 

Simanjuntak, Riski Dani. 2017. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Peningatan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)Pada Pekerja Di CV. Rangros Plastik Kota Malang.Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Solichin, S.T., M.Kes, (II) dr. Erianto Fanani.

 

Kata Kunci: penyuluhan, Alat Pelindung Diri (APD), perilaku

Mesin injeksi plastik manual merupakan alat yang digunakan dalam mencetak plastik di CV. Rangros Plastik dari butiran menjadi hasil produk plastik. Proses pekerjaan pencetakan plastik memiliki resiko terjadi kecelakaan kerja dan mengganggu kesehatan pekerja, didukung dari hasil wawancara di lapangan bahwa  pernah terjadi kecelakaan kerja. Pekerja yang tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat bekerja merupakan salah satu bentuk perilaku yang tidak aman karena beresiko untuk mengalami kecelakaan. Survey pendahuluan menunjukan hanya satu dari sembilan pekerja yang mengenakan sarung tangan sebagai APD, sehingga penyuluhan dilakukan sebagai upaya meningkatkan perilaku penggunaan APD pekerja.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan perilaku penggunaan APD pada pekerja. Penelitian dilakukan dengan metode observational cross sectional dengan desain one group pretest posttest pada 13 pekerja dengan karakteristik pekerja yang menggunakan mesin injeksi dan bekerja pada waktu pagi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes untuk aspek pengetahuan, kuesioner pada aspek sikap dan observasi untuk melihat tindakan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil yang didapatkan menunjukan nilai rata-rata pengetahuan pekerja sebelum penyuluhan sebesar 6,08 dan setelahnya sebesar 9,00. Uji Wilcoxon diperoleh skor p 0,002