SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Aktivitas Fisik, Pola Makan dan Kadar Gula Darah Dengan Obesitas Pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sidomulyo

ANANDA SANDI PURMULYANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Purmulyanto, Ananda Sandi. 2019. Hubungan Aktivitas Fisik, Pola Makan dan Kadar Gula Darah Dengan Obesitas Pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sidomulyo. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mahmud Yunus, M.Kes., (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: aktivitas fisik, pola makan, kadar gula darah, obesitas

Obesitas adalah sebuah keadaan dimana terjadi  kelebihan akumulasi lemak   dalam tubuh. World Health Organization (WHO) menyebutkan kurang lebih 2,8 juta orang meninggal setiap tahunnya karena obesitas, dan menjadi penyebab kematian nomor lima didunia. Aktivitas fisik dan pola makan akan menimbulkan prevalensi terjadinya obesitas. Secara fisiologis, obesitas dapat terjadi apabila akumulasi lemak yang tidak normal atau berlebihan di jaringan adiposa. lemak tubuh yang mengalami peningkatan secara konsisten akan meningkatkan kadar gula darah dan akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit akibat obesitas. Obesitas merupakan salah satu faktor prediposisi untuk meningkatkan kadar gula darah yang merupakan sebuah indikator terjadinya berbagai penyakit degeneratif. Obesitas cenderung kompleks, multifaktorial, dan berperan sebagai pemicu penyakit kronis dan degeneratif. Oleh karena itu penting untuk dilakuakannya penelitian tentang hubungan aktivitas fisik, pola makan dan kadar gula darah dengan obesitas pada ibu rumah tangga di Kelurahan Sidomulyo.

Tujuan penelititan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dengan obesitas, hubungan pola makan dengan obesitas, hubungan kadar gula darah dengan obesitas. Metode yang digunakan adalah metode survey, sampel yang diambil sebanyak 37 ibu rumah tangga kelurahan Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis univariat dan uji chi square.

Jika dianalisis berdasarkan uji Chi Square, hubungan antara aktivitas fisik dengan obesitas mempunyai nilai Asymp.Sig (2-sided) 0.02   0,05. Sedangkan untuk hubungan pola makan dengan obesitas mempunyai nilai Asymp.Sig (2-sided) = 0.002   0,05. Untuk hubungan kadar gula darah dengan obesitas memiliki nilai Asymp.Sig (2-sided) = 0.889 > 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan pola makan dengan obesitas karena keduanya memiliki nilai Asymp.Sig (2-sided)   0,05 Sehingga terjadinya obesitas pada ibu rumah tangga di kelurahan Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu diakibatkan oleh faktor rendahnya aktivitas fisik dan tidak teraturnya pola makan. Untuk hubungan kadar gula darah dengan obesitas tidak terdapat hubungan yang signifikan karena karena memiliki nilai Asymp.Sig (2-sided) > 0,05. terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil pemeriksaan kadar gula darah sewaktu, sehingga menyebabkan hasil gula darah sewaktu terhadap obesitas tidak bermakna.