SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Senam Aerobik Intensitas Ringan dan Sedang Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Perempuan Obes di Kota Batu.

SYAHRUL MUBARAK

Abstrak


ABSTRAK

 

Mubarak, Syahrul.2018. Pengaruh Senam Aerobik Intensitas Ringan dan Sedang Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Perempuan Obes di Kota Batu. Skirpsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes., (II) Dr. Slamet Raharjo, S.Pd., M.Or.

 

Kata Kunci: Senam aerobik, Kolesterol Total, Obesitas.

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang dapat menimbulkan penyakit kardiovaskuler seperti jantung koroner, dislipidemia dan penyakit jantung koroner. Kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang tidak teratur merupakan penyebab terjadinya obesitas yang akan menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol. Dalam kadar yang normal kolesterol sangat berguna dalam pembentukan asam empedu, asam folat, hormone-hormon adrenal, estrogen, androgen dan progresteron. Senam aerobik dapat menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh dikarenakan sitem energi aerobik untuk pemenuhan energi utama yaitu dengan memecah lemak. Atas dasar itu maka tujuan penelitian ni akan mengungkap pengaruh senam aerobik terhadap Kolesterol Total.

Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian Matching Pretest-posttes Compasrison Group Design dengan kelompok yaitu kelompok senam aerobik intensitas ringan dan kelompok senam aerobik intensitas sedang. Sampel penelitian yang dogunakan adalah perempuan obes yang memiliki IMT >25,0 sebanyak 20 orang. Perlakuan dilakukan dengan durasi 50 menit, 3 kali dalam satu inggu selama 8 minggu. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan darah dari sampel. Selanjutnya darah dianalisis di laboratorium Biomedik Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengunakan alat spectrophometer untuk mengetahui kadar Kolesterol Total. Kemudian hasiil laboratorium kadar Kolesterol Total dianalisis dengan uji-t dua sampel berpasangan dan uji-t dua sampel bebas dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil uji-t dua sampel berpasangan nilai sig   α yakni intensitas ringan 0.001 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh senam aerobik intensitas ringan terhadap kadar Kolesterol Total pada perempuan obes di Kota Batu. Pada intensitas sedang 0.001 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh senam aerobik intensitas sedang terhadap kadar Kolesterol Total pada perempuan obes di Kota Batu. Hasil uji independent sample t-test, memiliki signifikansi sebesar 0,003  α, Mean kadar Kolesterol Total yang diberi latihan aerobik intensitas sedang dan senam aerobik intensitas ringan(18,2430>3,5942), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara senam aerobik intensitas ringan dengan intensitas sedang terhadap kadar Kolesterol Total pada perempuan obes di Kota Batu.