SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Motorik kasar Anak Tunagrahita Kelas 5 Mampu Didik di SDLB Kedung Kandang

mohammad nasikhul umam

Abstrak


ABSTRAK

 

Umam, Mohammad Nasikhul. 2019. Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Motorik kasar Anak Tunagrahita Kelas 5 Mampu Didik di SDLB Kedung Kandang. Jurusan Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (1) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (2) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes

 

Kata kunci: lompat tali, motorik kasar, tunagrahita

Latihan lompat tali akan memperoleh kegunaan yang sangat banyak untuk berbagai macam otot yang digunakan untuk melakukan lompatan. Selain bermanfaat banyak, latihan lompat tali ini juga sangat sederhana dan bisa dilakukan dimana saja. Lompat tali bermanfaat untuk meningkatkan kelincahan kaki serta kemampuan koordinasi antar anggota badan,selain memperkuat sistem kardiovaskular dan stamina. Dengan berlatih lompat tali, juga sekaligus melatih otot betis, paha, abdominal, punggung, dada dan bahu

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh permainan lompat tali terhadap motorik kasar anak tunagrahita kelas bawah mampu didik di SDLB Kedung Kandang. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh permainan lompat tali terhadap motorik kasar anak tunagrahita kelas bawah mampu didik di SDLB Kedung Kandang.

Penelitian ini menggunakan metode SSR atau single subject research, yaitu penelitian yang dilaksanakan pada subjek dengan tujuan untuk mengetahui besarnya dari perlakuan yang diberikan secara berulang-ulang dalam kurun waktu tertentu. Data diperoleh melalui instrumen tes.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah dipaparkan oleh peneliti, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Intervensi berupa kegiatan lompat tali berpengaruh efektif meningkatkan perkembangan motorik kasar tunagrahita kelas 5.