SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Aktivitas Fisik dan Pola Makan terhadap Obesitas Pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Sidomulyo

BERL Cholif Arohman

Abstrak


RINGKASAN

Arohman, Beril Cholif . 2019. Hubungan Aktivitas Fisik dan Pola Makan Terhadap Obesitas Pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Sidomulyo. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mahmud Yunus,M.Kes., (II) Dr. Rias Gesang Kinanti,M.Kes.

Kata Kunci: aktivitas fisik, pola makan, obesitas

Pada pencapaian indeks pembangunan manusia di dunia tak lepas dari permasalahan peningkatan kualitas kesehatan. Pada era globalisasi banyak yang kurang diperhatikan terutama pada masalah obesitas yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan. Pada skala global sering diketahui penyebab terjadinya kegemukan atau obesitas yaitu karena kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang salah. Di Indonesiamasih banyak masyarakat yang kurang pemahaman tentang pentingnya aktivitas fisik. Selain kurangnya melakukan aktifitas fisik faktor lain yang mempengaruhi terjadinya obesitas yaitu pola makan yang salah. Secara fisiologis, obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan dengan akumulasi lemak yang tidak normal atau berlebihan di jaringan adipose sehingga dapat mengganggu kesehatan. Pada umumnya masyarakat awam kurang memperhatikan jumlah kalori yang masuk dengan kalori yang terbakar tidak seimbang. Permasalahan seperti itulah yang sering ditemukan pada ibu rumah tangga. Aktivitas fisik dan pola makan sangat mempengaruhi terjadinya obesitas. Kejadian ini terus meningkat dengan seiring berjannya waktu.

Obesitas merupakan penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal dan suatu penyakit serius yang dapat mengakibatkan emosional dan sosial. Gemuk merupakan suatu kebanggaan dan merupakan kriteria untuk mengukur kesuburan dan kemakmuran suatu kehidupan, sehingga pada saat itu banyak orang berusaha menjadi gemuk dan mempertahankanya sesuai dengan status sosialnya, dalam perkembangan selanjutnya justru sebaliknya kegemukan atau obesitas selalu berhubungan dengan kesakitan dan peningkatan kematianKecenderungan terjadinya obesitas berhubungan erat dengan pola makan dan gaya hidup. Berbagai faktor berperan dalam timbulnya obesitas, tetapi yang paling penting adalah ketidak seimbangan antara masukan makanan dan aktifitas fisik. Secara ilmiah, obesitas akibat mengkonsumsi kalori yang lebih banyak dari yang diperlukan tubuh. Meskipun penyebab utama belum diketahui, namun obesitas cenderung kompleks, multifaktorial, dan berperan sebagai pemicu penyakit kronis dan degeneratif. Semakin meningkatnya prevalensi obesitas dikarenakan perubahan gaya hidup, misalnya pola makan yang cenderung tinggi karbohidrat dan lemak, serta menurunnya laju aktifitas fisik. Oleh karena itu penting dilakukan penelitian ini tentang aktivitas fisik, pola makan, dan obesitas yang berjudul Hubungan Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Terhadap Ibu Rumah Tangga Kelurahan Sidomulyo.

Tujuan penelititan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dengan obesitas, hubungan pola makan dengan obesitas, dan hubungan aktivitas fisik dan pola makan terhadap obesitas. Metode yang digunakan adalah metode survey, sampel yang diambil sebanyak 37 ibu rumah tangga kelurahan Sidomulyo Kec. Batu Kota Batu dengan usia 30-40 tahun. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Partial.

Hasil t tabel 5% =2,021 › t hitung = -5,977. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa korelasi antara aktivitas fisik dan pola makan menyebabkan terjadinya obesitas. Berarti ada korelasi antara aktivitas fisik dan pola makan yang menyebabkan terjadinya obesitas. Maka penelitian ini menunjukan tingkat kepercayaannya sebesar 95% dan yang 5% masih belum bisa dipertanggung jawabkan.

Berdasarkan hasil penelitian diatas maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat adanya hubungan antara aktifitas fisik dengan obesitas, adanya hubungan antara pola makan dengan obesitas dan adanya hubungan aktivitas fisik dan pola makan dengan obesitas. Sehingga terjadinya obesitas pada ibu rumah tangga di kelurahan Sidomulyo Kec. Batu Kota Batu diakibatkan oleh faktor aktivitas fisik yang kurang dan pola makan yang tidak teratur.