SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gaya Hidup Sehat Remaja Putri di SMAN 2 Batu

Diah Ratnasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Para remaja putri berkeinginan memiliki bentuk tubuh yang ideal dan menarik. Namun seringkali remaja kurang memperhatikan faktor-faktor yang meempengaruhi dalam pembentukan ideal, seperti pola makan dan aktivitas fisik yang dilakukan tidak dikontrol. Misalnya makan kurang dari tiga kali sehari serta kurang melakukan aktivitas fisik aktif. Mengatur pola makan dan aktivitas fisik yang dilakukan penting dilakukan untuk menunjang status gizi seseorang. Karena ketidakseimbangan antara asupan gizi dengan angka kecukupan gizi akan menimbulkan masalah gizi kurang maupun lebih, yang pada akhirnya akan mempengaruhi bentuk tubuh seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup sehat remaja putri di SMAN 2 Batu, yang meliputi pola makan, aktivitas remaja dan kesehatan.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian IMT dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 330 siswi kelas X dan XI di SMAN 2 Batu, dengan jumlah sampel 181 siswi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random cluster sampling dengan analisis data menggunakan porsentase data.

Berdasarkan hasil penelitian didapat data bahwa pola makan remaja putri yang memiliki IMT normal lebih baik dari remaja putri yang memiliki IMT lebih maupun kurang, aktivitas fisik remaja putri IMT normal lebih baik dari remaja putri yang memiliki IMT lebih maupun kurang dan kesehatan remaja putri yang memiliki IMT normal lebih baik daripada responden yang memiliki IMT lebih maupun kurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menjaga pola makan dan aktivitas fisik yang baik, akan didapat kesehatan yang baik pula.