SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN KEGEMUKAN PADA SISWA SMK NEGERI 2 MALANG

Cahyo Cahyo

Abstrak


RINGKASAN

 

Cahyo. 2018. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Kegemukan pada Siswa SMKN 2 Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Olivia Andiana. S.Or.,M.Kes.,(II) dr. RiasGesangKinanti, M.Kes.

Kata Kunci:Prevalensi Kegemukan, AktivitasfisikdanKegemukan.

            Prevalensi kegemukan pada remaja setiap tahun didunia semakin meningkat, dari 8,1% menjadi 12,9% pada 2013 untuk laki-laki dan untuk perempuan dari 8,4% menjadi 13,4%. Tingginya prevalensi tersebut menjadi permasalahan kesehatan yang mendasar. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui apakah ada hubungan aktivitas fisik dengan  kejadian kegemukan pada siswa SMK Negeri 2 Malang.

Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah 671 siswa kelas X di SMKN 2 Malang. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 50 siswa kelas X di SMKN 2 Malang yang mengalami kegemukan dan memenuhi kriteria inklusi.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sedangkan teknik analisa data menggunakan uji korelasi Spearman dengan taraf signifikansi 0,05 atau (p< 0,05).

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kejadian kegemukan pada siswa SMKN 2 Malang (sig. 0,043 atau p˂ 0,05).

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkanbahwa terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kejadian kegemukan padasiswa SMKN 2 Malang.Diharapkan dapat dilakukan peneliti lanjutanyang digunakan untuk memperkuat hasil temuan penelitian ini dengan menggunakan jumlah sampel yang lebih banyak dan menambahkan variabel-variabel lain yang berkaitan dengan faktor risiko terjadinya kegemukan.