SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Panjang Tungkai Dan Kekuatan Otot Tungkai Dengan Tendangan Jarak Jauh Pada Pemain Sepakbola U-16 Arema Football Academy Kota Malang

M Idris Efendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Kondisi fisik dalam tubuh merupakan salah satu unsur yang sangat penting di dalam permainan sepakbola dan merupakan sebuah dasar dalam mengembangkan teknik, taktik, maupun strategi dalam bermain sepakbola. yaitu panjang tungkai dengan didukung kekuatan otot tungkai panjang tungkai yang merupakan bagian dari postur tubuh memiliki hubungan dengan kaitannya sebagai pengungkit disaat menendang bola. Menendang merupakan salah satu yang terpenting dalam permainan sepakbola, tendangan sendiri dalam permainan sepak bola itu sangat vital, karena tendangan adalah bagian yang terpenting, seorang pemain sepak bola yang tidak dapat menendang bola dengan baik tidak mungkin akan menjadi pemain yang baik, unsur panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai berpengaruh terhadap jauh tidaknya tendangan jarak jauh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan tendangan jarak jauh.

Penelitian ini merupakan rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional (Correlation Studies). Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 pemain sepakbola U-16 Arema Football Academy Kota Malang. Sampel yang diperoleh berjumlah 27 sampel pemain sepakbola U-16 Arema Football Academy Kota Malang. Tes sehingga penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. data yang diperoleh dianalisis menggunakan program statistic SPSS 24.

Hasil penelitian yang diperoleh yang pertama yaitu t hitung 2,625 lebih besar dari t tabel 2,064 dengan demikian Ho ditolak maka Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan tendangan jarak jauh dan memiliki derajat hubungan korelasi yang sedang. Yang kedua yaitu t hitung 5,485 lebih besar dari t tabel 2,064 dengan demikian Ho ditolak maka Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan tendangan jarak jauh dan memiliki derajat hubungan korelasi yang kuat. Yang ketiga yaitu F hitung 14,369 lebih besar dari F tabel 3,39 dengan demikian Ho ditolak maka Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan tendangan jarak jauh. Koefisien determinasi (R2) yang didapatkan adalah 0,545, artinya (0,545 x 100%) = 54,5% naik turunnya tendangan jarak jauh ditentukan oleh faktor panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai, sedangkan sisanya sebesar 45,5% ditentukan oleh faktor atau variabel lain pada pemain sepakbola U-16 Arema Football Academy Kota Malang.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara panjang tungkai dengan tendangan jarak jauh pada pemain sepakbola U-16 Arema Football Academy Kota Malang secara signifikan dengan memiliki derajat hubungan yang sedang, ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan tendangan jarak jauh pada pemain sepakbola U-16 Arema Football Academy Kota Malang secara signifikan dengan memiliki derajat hubungan yang kuat, ada hubungan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan tendangan jarak jauh pada pemain sepakbola U-16 Arema Football Academy Kota Malang secara signifikan.