SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TINGKAT VOLUME OKSIGEN MAKSIMALTENIS LAPANGAN PELTI KOTA MALANG

Mohammad Zafa Nugraha

Abstrak


RINGKASAN

 

 

Nugraha, Mohammad Zafa. 2017. Analisis Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal

(V̇O2maks) Atlet Tenis Lapangan PELTI Kota Malang, Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S. (2) dr. RiasGesangKinanti, M.Kes.

.

Kata Kunci: Volume Oksigen Maksimal (V̇O2 Maks), Atlet Tenis PELTI Kota Malang.

Volume oksigen maksimal (V̇O2maks) adalah kemampuan tubuh seseorang dalam memaksimalkan penyerapan oksigen pada saat melakukan aktivitas fisik sampai terjadinya kelelahan. V̇O2 maks merupakan komponen kebugaran jasmani. Pada saat bertanding, seorang atlet bukan hanya dituntut mempunyai kekuatan yang baik melainkan juga harus mempunyai kebugaran jasmani yang baik juga. Dikarenakan dengan kebugaran yang baik diharapkan dapat menunjang keberhasilan dalam prestasi atlet tersebut pada saat mengikuti sebuah pertandingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat V̇O2maks yang dimiliki oleh atlet tenis PELTI Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Pengambilan data V̇O2maks untuk atlet menggunakan multistage fitness test. Jumlah sampel pada saat melakukan tes yakni 15 orang atlet tenis PELTI Kota Malang. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tanggal 21 Mei 2017 menunjukkan, dari 15atlet tenis PELTI Kota Malang diketahui bahwa atlet yang memiliki nilai V̇O2maks dengan kategori excellent (superior) hanya 1 orang (7%), atlet yang memiliki nilai V̇O2maks dengan kategori baik sebanyak 4 orang (27%), atlet yang memiliki nilai V̇O2maks dengan kategori cukup sebanyak 7 orang (46%), atlet yang memiliki nilai V̇O2maks dengan kategori buruk sebanyak 2 orang (13%), atlet yang memiliki nilai V̇O2maks sangat buruk hanya 1 orang (7%), dan tidak ada atlet yang memiliki nilai V̇O2maks dengan kategori sangat baik (0%). Sehingga rata-rata tingkat V̇O2maks atlet tenis PELTI Kota Malang berada pada kategori buruk.

berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tongkat V̇O2 maks atlet PELTI Kota malang masih jauh di bawah rata-rata. Oleh karena itu disarankan bagi pemain untuk meningkatkan V̇O2 maks, dan bagi pelatih disarankan untuk memberi program latihan fisik untuk meningkatkan V̇O2 maks pemainnya agar dapat mencapai prestasi yang diharapkan.