SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Gerak Teknik Holding Menuju Release Pada Atlet Panahan Busur Nasional untuk Keberhasilan Hasil Skor Target

Mochammad Lazuardi Fachzri

Abstrak


ABSTRAK

 

Fachzri,Mochammad Lazuardi. 2017. Analisis Gerak Teknik Holding Menuju Release Pada Atlet Panahan Busur Nasional untuk Keberhasilan Hasil Skor Target. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes., (II) Drs. Sapto Adi,M.Kes.

 

Kata kunci: analisis, panahan, Dartfish.

 

Teknik holding menuju release merupakan gerakan dasar yang memiliki keunggulan dari teknik yang lainnya. Keunggulan yang dimaksud  yakni, ketika melakukan gerakan teknik holding menuju release yang sangat penting untuk dikuasai dengan baik oleh atlet, harus dilakukan dengan konsentrasi dan konsistensi gerakan yang baik, dan  leluasa dalam mengatur posisi serta gerakan. Konsistensi gerakan yang dilakukan dalam melakukan teknik holding menuju release harusnya sangatlah membantu atlet dalam meningkatkan konsistensi gerakan yang stabil agar mendapat hasil skor yang baik, namun kenyataan berbeda. Hal tersebut tentunya dapat saja terjadi dikarenakan melakukan suatu gerakan yang kurang efesien. Oleh karena itu dilakukan suatu analisis terhadap aspek gerak terhadap tingkat keberhasilannya dalam memanah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sudut, waktu dan konsistensi dari gerakan teknik dasar dari atlet panahan dengan melihat pada posisi holding hingga releasenya yang hasil akhirnya dapat dibandingkan dengan atlet kelas Internasional dan Nasional.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif-kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Dilakukan pada atlet Perpani Kota Malang  yang terdiri dari 7 orang putra dengan kualifikasi yang telah ditentukan.

Pengumpulan data dilakukan dengan tes memanah ketujuh objek secara berurutan dengan repitisi sebanyak tiga kali. Setelah data terkumpul dilakukan proses analisis dengan dibantu program Dartfish dan dihitung sesuai dengan instrumen yang telah tersedia. Aspek dalam instrumen tersebut yakni nama pemain, jarak, posisi tubuh, waktu saat menahan sikap memanah (holding), dan keterangan skor yang dihasilkan. Kemudian data akan dilampirkan dalam bentuk gambar beserta penjelasannya.

Hasil analisis menunjukkan bahwa sampel yang mendapatkan hasil baik merupakan sampel 1 yang menunjukkan durasi holding hingga release 02:798 detik dengan nilai 10, 02:210 detik dengan nilai 10 dan sudah mendekati atlet nasional dengan waktu 02:200 dengan skor 10, pada sampel 4 yang nilainya kurang baik menunjukan durasi 02:770 dengan hasil 0. Untuk bagian sudut tubuh semua atlet yang dianalisis menggunakan Dartfish sudut lengan pendorong yang baik dihasilkan oleh sampel 1 dengan konsisten sudut yang mendekati atlet Nasional sebagai pembanding pada sudut 90,8°:90,7 dengan nilai 10 pada atlet Nasional 90,6° dengan nilai 10.