SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Aktivitas Superoksida Dismutase (SOD) pada Mahasiswa Penghobi Olahraga Bulutangkis Waktu Pagi dan Malam Hari di Universitas Negeri Malang.

MUHWAN IMADUDDIN

Abstrak


ABSTRACT

 

Dalam kondisi yang normal, tubuh akan memproduksi antioksidan sebagai sistem pertahanan tubuh akibat meningkatnya jumlah produksi dari radikal bebas akibat dari olahraga. Olahraga bulutangkis adalah salah satu olahraga yang dapat meningkatkan dan menurunkan antioksidan seperti Superoksida Dismutase (SOD). Namun banyak masyarakat belum mengetahui kadar SOD tertinggi di waktu pagi atau malam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas SOD mengetahui perbedaan aktivitas SOD ketika melakukan olahraga bulutangkis pagi hari dan malam hari.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan 10 sampel yang terbagi atas dua kelompok yaitu kelompok pagi 5 mahasiswa dan kelompok malam 5 mahasiswa yang berumur 19-23 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Alat yang digunakan untuk mengukur kadar SOD adalah spektofotometer. Data yang telah dikumpulkan dianalisa menggunakan program komputer Statistical Package of Social Science (SPSS) 22.0 forWindows.

Hasil penelitian menunjukkan kadar SOD pada kelompok olahraga bulutangkis malam memiliki rerata 6,28880 U/ml dan kadar SOD pada kelompok olahraga bulutangkis pagi memiliki rerata 5,00020 U/ml. Berdasarkan dari uji beda ANOVA dengan taraf signifikansi P